Pesan Warga untuk Pj Wali Kota Banjar: Jangan Cawe Cawe dalam Pemilu 2024

BANJAR, RADSIK – Pj Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin melantik Dr Hj Ida Wahida Hidayati menjadi Pj Wali Kota Banjar. Pelantikan dilaksanakan di Gedung Sate, Bandung, Senin 4 Desember 2023.

Pemerhati pemerintahan Firman Nugraha SH, CLA mengingatkan agar Pj Wali Kota Banjar meyakinkan ke masyarakat bahwa netralitas tetap dijaga dan dipegang dalam Pemilu 2024.

Sebab, situasi saat ini tengah hangat dugaan ikut campur tangan pemerintahan dalam kontestasi Pemilu 2024.

Baca Juga: Kota Banjar Akan Kembali Dipimpin Perempuan, Pj Wali Kota Banjar Terpilih dari Usulan Jawa Barat

“Perlu dicermati dalam situasi belakangan ini, publik telah menangkap situasi politik nasional bernuansa praktik nepotisme dan politisasi birokrasi. Maka perlu menjadi catatan bagi penjabat wali kota yang juga ditunjuk oleh pemerintah pusat agar bisa meyakinkan publik untuk tidak melakukan cawe-cawe politik,” ujar Firman Nugraha.

Firman Nugraha menjelaskan, pejabat pengganti akan menggantikan kepala daerah definitif dalam rentang waktu satu tahun. Penjabat berbeda dengan pejabat sementara (Pjs) yang berperan sebagai pengganti kepala daerah yang cuti kampanye.

Baca Juga: Terlibat Skandal Dugaan Perselingkuhan, Dua Oknum ASN Kota Banjar Turun Pangkat

Pj nyaris seperti wali kota definitif dan memiliki kewenangan luas. “Oleh karenanya, sistem pengawasan internal dan eksternal terhadap penjabat wali kota harus tetap berjalan optimal. Terus selalu diawasi kinerjanya,” kata dia.

Harapan Besar untuk Pj Wali Kota Banjar

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Kota Banjar Tri Pamuji Rudianto SIP memiliki harapan besar terhadap kinerja Pj Wali Kota Banjar yang baru saja dilantik.

“Beliau birokrat sangat senior di provinsi, karena pernah menjabat sebagai Sekretaris DPRD Jabar, Kadinsos Jabar. Di dalam program Banjar ke depan beliau bisa membawa kesejahteraan secara program-program sosial semakin bagus di Banjar,” kata Tri Pamuji.

Ia memandang siapa pun penjabatnya, harus diterima. Karena seperti itu mekanismenya. “Semoga beliau bisa membawa Banjar dalam menghadapi tantangan-tantangan ke depan,” harapnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *