Perpustakaan Unsil Kerja Sama dengan Perpustakaan Pangandaran, Bisa Saling Akses Digital Library

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Universitas Siliwangi bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan Kabupaten Pangandaran dalam hal mempermudah akses literasi di antara keduanya.

Penandatanganan Perjanjian Kerja sama, UPA Perpustakaan Universitas Siliwangi dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Pangandaran berlangsung di Perpustakaan Kabupaten Pangandaran, Kamis (19/10/2023).

Ditandatangani oleh Wakil Rektor bidang Akademik Prof Dr Dedi Kusmayadi SE MSi Ak  CA CRA CRP ACPA CPA dan Kepala Dispusip Kabupaten Pangandaran Dodi Djubardi SPd.

Kepala UPA Perpustakaan Unsil Budi Riswandi yang juga sebagai penggagas kerja sama itu menyampaikan bahwa masyarakat Pangandaran maupun warga Unsil akan semakin mudah mengakses program literasi dari dua lembaga tersebut.

“Mulai dari akses bacaan buku fisik dan pemanfaatan digital library kedua belah pihak, juga terkait program-program literasi lainnya,” kata pria yang akrab disapa Bode itu.

Baca juga: Unsil Wujudkan Generasi Sehat Berprestasi, Berdayakan Remaja Melalui Program Youth Movement

Harapannya, kerja sama ini dapat dimanfaatkan oleh kedua belah pihak dengan baik. Terlebih dapat memudahkan akses kearsipan dan meningkatkan budaya minat baca masyarakat Priangan Timur.

“Direncanakan saling bisa akses pustaka digital masing-masing, untuk dimanfaatkan oleh masyarakat pangandaran, sebaliknya juga mahasiswa Unsil,” lanjutnya.

Tidak hanya dengan Kabupaten Pangandaran, nantinya Perpus Unsil juga akan membangun kerja sama dengan Perpustakaan Nasional. “Salah satu berjalannya PKS, karena ada kesepakatan antar lembaga. Dalam kaitan ini Universitas Siliwangi dengan Pemkab Pangandaran sudah memiliki MoU. Setiap unit di kampus dapat menindaklanjuti PKS dan IA sesuai dengan tugas dan fungsi di masing-masing unit, juga yang berdampak kebermanfaatan,” lengkap Bode.

“Bahkan tidak saja dengan Kabupaten Pangandaran, tahun depan UPA Perpustakaan Unsil akan merencanakan PKS dengan Dinas Perpustakaan Provinsi, juga dengan Perpusnas,” pungkasnya. (Ayu Sabrina)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *