Efek Perbaikan Pipa PDAM, Lubang-Lubang di Pinggir Jalan Ir H Juanda Ciamis Bermunculan Bikin Gak Nyaman

CIAMIS, RADARTASIK.ID – Di musim penghujan, banyak bermunculan lubang di kawasan perkotaan di Kabupaten Ciamis diduga bekas galian pipa. Seperti halnya di Jalan Ir H Juanda dekat Masjid Agung Ciamis.

Hal itu disampaikan langsung Juru Parkir Masjid Agung Ciamis Misna. Dia mengaku melihat lubang bekas galian pipa PDAM sejak Minggu kemarin di Jalan Ir H Juanda. Itu karena awalnya ada bus parkir di sisi jalan dan kebetulan posisi sering hujan.

”Amblas ini tadinya ada bus parkir Minggu kemarin di bekas galian pipa PDAM. Mungkin kurang padat dan kondisi sering hujan sehingga amblas,” katanya kepada Radartasik.id, Selasa (5/11/2023).

Baca juga: Menuju Pilkada Ciamis 2024, Herdiat Sunarya Masih Wait and See

Oleh karena itu, pihaknya meminta instansi terkait meningkatkan kualiltas perbaikan jalan agar menjadi lebih kuat. Karena di pinggir Jalan Ir H Juanda sering dilalui mobil sehingga rentan amblas lagi.

”Di sini sering dilewati mobil, sehingga kalau sudah dibenarkan tolong yang kuat. Supaya jangan amblas lagi,” ujarnya.

Kepala Bagian Hubungan Langganan PDAM Tirta Galuh Dadan Firdaus Helmi membenarkan ada titik-titik bekas galian pipa PDAM yang amblas di sekitar perkotaan Ciamis setelah adanya musim penghujan. Itu untuk penggantian pipa lama ke baru dan penambahan pipa sebagai optimalisasi peningkatan layanan air bersih kepada masyarakat.

”Ada titik amblas karena memang beberapa waktu lalu ada pergantian baru dan penambahan pipa. Itu perlu dilakukan segera untuk penyempurnaan jaringan PDAM untuk percepatan pelayanan air bersih,” katanya.

Pada 2024, pihaknya diminta pemerintah daerah untuk secepatnya menyiapkan sarana dan prasarana dalam peningkatan jaringan PDAM untuk menjamin kebutuhan air masyarakat.

”Karena ada target tambahan 4 ribu pelanggan atau sebanyak 16 ribu jiwa mesti tertangani mendapatkan air bersih. Karena seiring meningkat jumlah penduduk akan menambah pencemaran air tanah, sehingga harus ada peran PDAM untuk mencukupi air bersih,” ujarnya.

”Misalnya ketika air tanah tercemar bisa mengakibatkan stunting di masyarakat. Di sini solusi yang diberikan PDAM turut andil bagaimana menyediakan air bersih sebagai penanganan stunting,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *