Inilah Fungsi Minyak Rem Sepeda Motor, Waspada Keberadaan Angin Palsu Jika Diabaikan

RADARTASIK.ID – Keberadaan minyak rem sepeda motor mempunyai peran sangat penting dalam sistem pengereman.

Meski mempunyai fungsi penting dalam rangkaian sepeda motor dan keselamatan pengguna, minyak rem sepeda motor menjadi salah satu komponen sepeda motor yang sering terabaikan.

Pengendara sepeda motor kerap kali lebih menyoroti bagian kampas rem, cakram, atau bahkan bannya saja, padahal keberadaan minyak rem sepeda motor sangat penting untuk keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Pada sistem pengereman hidrolik (rem cakram), tanpa adanya minyak rem sepeda motor, sistem rem hidrolik tidak dapat berfungsi meskipun tuas rem telah ditarik berulang kali dengan sekuat tenaga.

Begitu pula, saat volume minyak rem menurun, kinerjanya tak akan mencapai tingkat maksimal.

Baca juga:

AHM Luncurkan Skutik Premium Fashionable New Honda Stylo 160, Ini Keunggulan dan Spesifikasinya

Honda ADV Club Karawang Owner Gelar Anniversary ke-4, Kepengurusan Baru Siap Lanjutkan Program yang Sedang Berjalan

Ketika tuas master rem beroperasi, minyak rem akan mendorong piston di kaliper rem untuk menekan kampas rem supaya bisa menjepit cakram sesuai dengan tekanan yang dihasilkan ketika tuas master rem ditarik.

Selain itu, minyak rem juga berperan dalam mengurangi panas yang muncul karena gesekan logam pada komponen sistem pengereman, yakni yaitu antara kampas rem dan cakram.

Minyak rem mempunyai umur pakai yang panjang sehingga tidak usah diganti setiap dilakukan servis. Namun, setelah dipakai sekitar 24.000 km atau selama dua tahun, minyak rem mesti diganti untuk menjamin fungsi pengereman sepeda motor tetap optimal.

Informasi tersebut bisa ditemukan dalam buku pedoman pemilik, pada bagian tabel perawatan berkala.

Selain dilaksanakan setiap 24.000 km, penggantian minyak rem juga mesti dilaksanakan saat kondisi minyak tersebut telah tidak layak pakai.

Baca juga:

Kopdargab Ke-2 Honda CB150X Adventure Indonesia Jawa Barat Deklarasikan Chapter Sukabumi, Pangandaran, Kuningan, Garut dan Cirebon

Resmi, DAM Kenalkan Sepeda Motor Listrik Honda EM1 e: dan EM1 e: PLUS, Ini Keunggulannya

Ciri-ciri itu bisa tampak terlihat dari warnanya yang mulai keruh dan kotor, serta volume minyak yang berkurang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *