Cheka Sebut Film Dokumenter Pemekaran Kota Tasikmalaya dari Kabupaten Tasik Tengah Digarap

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Film dokumenter tentang proses pemekaran wilayah Kota Tasikmalaya dari Kabupaten Tasikmalaya sedang digarap. Hal ini disampaikan Pj Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah ketika memberikan sambutan dihadapan para tokoh saat upacara peringatan Hari Jadi Kota Tasikmalaya ke-22 di halaman Bale Kota, Selasa, 17 Oktober 2023.

Dalam kesempatan itu pemerintah Kota Tasikmalaya sempet memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh pemekaran Kota Tasikmalaya dari Kabupaten Tasik.

Seperti Dr H Tatang Farhanul Hakim, Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, H Heri Hendriyana MH, Hj Dede T Widarsih, Dr Basuki Rahmat, Zenzen Jaenudin, dan unsur pansus DPRD Kabupaten Tasikmalaya. Selanjutnya tokoh-tokoh ini akan diwawancarai untuk menceritakan kisah awal mula diusulkannya pembentukan Kota Tasikmalaya sebagai wilayah administratif baru yang terpisah dari Kabupaten Tasikmalaya dalam sebuah film dokumenter.

Perlu diketahui bahwa wilayah yang saat ini menjadi Kota Tasikmalaya dulunya bernama Kabupaten Tasikmalaya dengan pusat pemerintahan di sekitar Masjid Agung.

Baca juga: Hologram Artificial Intelligence (HAI) Akan Layani Masyarakat Kota Tasikmalaya

Eks gedung bupati yang ada di seberang taman kota, merupakan jejak sejarah pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya sebelum melahirkan Kota Tasik dan berpindah ke Singaparna.

Film Dokumenter Rampung Akhir Tahun

Pj Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah mengatakan penggarapan film dokumenter pemekaran Kota Tasikmalaya dari Kabupaten Tasik ditargetkan selesai pada akhir tahun ini.

Sebuah tim telah dibentuk dan diberi tugas melakukan penelusuran sejarah kepada beberapa tokoh yang terlibat dalam proses pendirian Kota Tasikmalaya.

“Indahnya kota dan majunya daerah ini, tidak terlepas dari para pencetusnya. Dulu ada para pendirinya, maka dari itu kita buat program bagaimana menghargai pendiri Kota Tasikmalaya ini,” ujar Cheka, Rabu (18/10/2023).

Baca juga: Masalah Stunting dan Kebersihan Masih Jadi Pekerjaan Rumah Kota Tasikmalaya

Menurutnya, pembuatan film dokumenter atau film pendek itu akan mengisahkan perjalanan berdirinya kota.

Film dokumenter itu akan mencakup cerita tentang rintisan awal, peran tokoh-tokoh utama, serta peristiwa penting lainnya yang menjadi bagian dari sejarah Kota Tasikmalaya.

“Dari mana awal pembentukan kota ini, berpisah dengan Kabupaten Tasikmalaya. Kalau ngopi, para perintis ini ngopi dimana membahas pemisahannya, surat pertama kali siapa yang mengantarkan, kita akan coba ceritakan di sana,” kata dia menjelaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *