Dishub Kabupaten Pangandaran Sikapi Parkir Liar di Kawasan Wisata, Berencana Buat Edaran

PANGANDARAN, RADARTASIK.ID – Dinas Perhubungan Kabupaten Pangandaran angkat bicara mengenai fenomena parkir liar di Objek Wisata Pantai Pangandaran.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Pangandaran Ghaniyy Fahmi Basyah mengatakan, wisatawan tidak perlu lagi membayar biaya parkir jika sudah membeli tiket masuk.

“Seharusnya semua wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pangandaran tidak perlu lagi ditarik parkir,” ungkapnya, Jumat 3 November 2023.

Baca Juga: Warga Kaget Dimintai Biaya Parkir Rp 10 Ribu di Lokasi Wisata Pangandaran, Dishub: Tak Dikelola Kita

Ghaniyy Fahmi Basyah pun menyoroti persoalan tarif parkir yang diminta juru parkir yang diduga ilegal itu. Tidak ada tarif resmi. “Kalau (meminta parkir) seikhlasnya mungkin wisatawan juga tidak akan menggerutu,” jelasnya.

Pihaknya sendiri tidak mengatur tarif retribusi parkir di tepi jalan di luar kawasan objek wisata. “Kawasan yang dimaksud tersebut seperti di Pasar Pangandaran, kawasan terminal, jadi mengatur parkir kawasan tepi jalan dan bahu jalan saja,”jelasnya.

Dishub Kabupaten Pangandaran akan melakukan upaya pencegahan kepada pihak-pihak yang menarik retribusi parkir di dalam kawasan wisata secara liar.

Baca Juga: Parkir Liar di Kawasan Wisata Pangandaran Bisa Bikin Wisatawan Tak Nyaman, Harus Segera Disikapi!

“Kami akan layangkan surat imbauan kepada mereka yang narik parkir liar. Kami jelaskan bahwa tarif parkir itu sudah ada di tiket, nanti akan mengimbau dalam bentuk surat edaran,” ungkapnya.

Ia berharap masalah parkir liar tersebut diselesaikan secepatnya, agar kenyamanan wisatawan tidak terganggu. “Ya bisa saja kan membuat wisatawan terganggu,” ungkapnya.

Antisipasi Parkir Liar, Pasang Spanduk di Pintu Masuk

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran Toton Guntari mengusulkan Dishub membuat spanduk. Sosialisasi mengenai parkir di kawasan objek wisata.

“Dijelaskan bahwa wisatawan tidak perlu lagi membayar parkir di dalam objek wisata. Pasang di depan pintu masuk dan titik lainnya,” ucapnya.

Sebelumnya, keberadaan parkir liar di Objek Wisata Pantai Pangandaran dinilai bisa mengurangi kenyamanan wisatawan.

Hal itu dikatakan Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pangandaran Endang Ahmad Hidayat.

Menurut dia, keberadaan parkir liar di kawasan wisata Pangandaran kurang bagus untuk kenyamanan. “Bagaimanapun kurang bagus,” ungkapnya, Rabu 1 November 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *