Buruan Daftar! Ada Lowongan Jadi Pengawas TPS Pemilu Untuk 1995 Orang di Kota Tasikmalaya

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Bawaslu Kota Tasikmalaya sudah membuka rekrutmen Pengawas TPS (PTPS) untuk Pemilu 2024. Soal bukti kesehatan, peserta hanya perlu melampirkan surat keterangan sehat saja.

Mengenai perekrutan PTPS ini, Bawaslu melakukan rapat dan sosialisasi bersama Pengawas Kelurahan/Desa (PKD). Dihadiri juga oleh perwakilan Badan Kesbangpol, Dinas Kesehatan dan unsur masyarakat.

Beda dengan rekrutmen KPPS, syarat Pengawas TPS tidak memerlukan dokumen kesehatan yang detail. Cuku keterangan sehat tanpa melampirkan hasil tes gula, kolesterol dan tes lainnya.

Baca juga : 705 Orang Dengan Gangguan Jiwa Punya Hak Pilih di Kota Tasikmalaya Pada Pemilu 2024

Hal itu diakui Ketua Bawaslu Kota Tasikmalaya Zaki Pratama Sauri SSy yang menyebutkan bahwa hal itu sebagai upaya memudahkan para peserta. Sehingga peserta cukup membuat surat keterangan sehat dari Puskesmas. “Semangat kami itu semangat mempermudah,” ujarnya.

Pihaknya berharap semangat memudahkan ini bisa didukung oleh Dinas Kesehatan juga. Supaya tidak membebankan biaya kepada peserta rekrutmen PTPS dalam memberikan surat keterangan sehat yang menjadi persyaratan. “Tapi kebijakannya kan kita serahkan ke Dinas Kesehatan,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, pada Pemilu sebelumnya kesehatan penyelenggara pemilu menjadi sorotan karena sampai banyak yang jatuh sakit bahkan meninggal dunia. Mengenai hal itu, menurutnya hal itu cukup dengan surat keterangan sehat. “Dan ketika pendaftaran pun bisa sambil dilihat kondisi kesehatan fisiknya (secara kasat mata),” katanya.

Baca juga : 2 Polisi Dipecat dari Jajaran Polres Tasikmalaya Kota, Gara-Gara Ini!

Dalam rekrutmen PTPS tahun ini, ada perbedaan juga dari Pemilu sebelumnya. Di mana batas minimal usia yang sebelumnya 25 tahun menjadi 21 tahun sebagaimana Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2023.

Zaki menyebutkan perubahan tersebut juga diharapkan bisa meningkatkan animo peserta. Karena dia akui, pengalaman di pemilu sebelumnya batas minimal usia 25 tahun itu mempersempit ruang. “Agak sulit juga waktu batasan usia minimal 25 tahun,” katanya.

Rekrutmen PTPS sendiri sudah dibuka sejak 2 Januari 2024 dan akan berlangsung sampai 6 Januari 2024. Sedikitnya sudah masuk 339 pendaftar dengan jumlah yang terus bertambah.

Ada pun jumlah kebutuhannya yakni sesuai dengan jumlah TPS yang ada yaitu 1995 TPS umum dan 2 khusus. Zaki berharap warga bisa berkontribusi dalam pemilu dengan menjadi Pengawas TPS. “Bersama-sama berperan aktif dalam menjaga integritas pemilu,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *