DOKU Luncurkan PayChat, Inovasi Pembayaran dalam Percakapan WhatsApp

inovasi produk
Vice President of Biller as a Service DOKU, Rachma Kandini sedang memaparkan produk DOKU PayChat yang dirancang untuk menjawab tantangan nyata yang dihadapi berbagai skala bisnis.
0 Komentar

JAKARTA, RADARTASIK.ID – DOKU, perusahaan fintech pembayaran sekaligus pionir payment gateway di Indonesia, kembali memperkuat posisinya di industri teknologi finansial dengan meluncurkan DOKU PayChat. Inovasi ini menggabungkan layanan pesan instan dan pembayaran digital dalam satu platform yang terintegrasi langsung melalui WhatsApp.

Melalui DOKU PayChat, pelanggan bisnis kini dapat berinteraksi, memesan produk, dan melakukan pembayaran tanpa perlu keluar dari aplikasi WhatsApp. Solusi ini memanfaatkan fitur WhatsApp Business untuk memfasilitasi berbagai kebutuhan transaksi, mulai dari pengiriman tagihan, pengingat otomatis, hingga pengelolaan interaksi pelanggan dalam satu percakapan.

Tidak seperti chatbot pada umumnya, DOKU PayChat dirancang secara khusus untuk mendorong konversi penjualan. Alur transaksi disederhanakan sehingga pelanggan dapat langsung menyelesaikan pembayaran dari percakapan, tanpa hambatan berpindah platform.

Baca Juga:Inovasi Risbilor, Camilan Sehat Penambah ASI dari Universitas Bhakti Kencana TasikmalayaMahasiswa UIN Saizu Purwokerto Gelar Pengabdian kepada Masyarakat, Membangun Ekosistem Masyarakat Berdaya

Dalam sesi media luncheon peluncuran DOKU PayChat, Co-Founder & Chief Operating Officer DOKU, Nabilah Alsagoff, menjelaskan bahwa layanan ini hadir untuk mencerminkan pola interaksi yang kini umum terjadi antara bisnis dan konsumen di Indonesia—yakni melalui chat. Menurutnya, kemudahan ini tidak hanya memberikan pengalaman transaksi yang lebih mulus, tapi juga berpotensi meningkatkan konversi dan menurunkan angka pembatalan transaksi.

DOKU PayChat dibekali dengan berbagai fitur unggulan, seperti pesan yang dipersonalisasi untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan, pengiriman tagihan massal (bill broadcast) demi efisiensi, serta dasbor terpusat (unified dashboard) yang memungkinkan pemantauan transaksi secara real-time. Solusi ini tidak menuntut integrasi teknis yang kompleks, sehingga dapat digunakan oleh pelaku usaha dari berbagai skala—mulai dari UKM hingga korporasi besar.

Dengan menggabungkan komunikasi dan transaksi dalam satu platform, DOKU memberdayakan pelaku usaha untuk mempercepat proses pembayaran, meningkatkan efisiensi, dan mempererat relasi dengan pelanggan. Peluncuran DOKU PayChat juga menjadi penegasan atas komitmen DOKU sebagai pemimpin dalam inovasi pembayaran digital di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Co-Founder & Chief Marketing Officer DOKU, Himelda Renuat, memaparkan sejumlah pencapaian bisnis selama semester pertama 2025. Salah satu yang paling menonjol adalah pertumbuhan jumlah transaksi DOKU yang naik sebesar 85 persen secara tahunan (YOY), dengan sektor Marketplace, Digital Game, dan Retail menjadi penyumbang terbesar peningkatan tersebut.

0 Komentar