Pentingnya Pengelolaan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan di Kabupaten Tasikmalaya

pengelolaan lahan pertanian pangan berkelanjutan
Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Kabupaten Tasikmalaya saat melaksanakan Pelatihan Manajemen Aset dan Keuangan serta Pelatihan Manajemen Pengelolaan Korporasi Petani pada Rabu, 28 Agustus 2024. (Radika Robi Ramdani/Radartasik.id)
0 Komentar

Urgensi Pengelolaan Lahan Berkelanjutan

Kabupaten Tasikmalaya memiliki potensi besar dalam sektor pertanian. Namun, tanpa pengelolaan yang baik, risiko alih fungsi lahan dapat mengancam keberlanjutan pasokan pangan di masa depan.

Beberapa alasan pentingnya pengelolaan lahan berkelanjutan di daerah ini antara lain:

  • Menjamin Ketahanan Pangan

Lahan pertanian yang dikelola secara berkelanjutan berperan penting dalam menjaga ketahanan pangan lokal dan nasional.

Baca Juga:bank bjb Raih Predikat Bank Terpercaya Dunia, Apa Rahasianya?Ahmad Syaikhu Canangkan Pembangunan Stadion Bertaraf Internasional di Depok untuk Wujudkan Masyarakat Sehat

  • Mengendalikan Alih Fungsi Lahan

Dengan perkembangan industri dan pariwisata, perlindungan lahan menjadi penting agar lahan subur tidak beralih fungsi menjadi area non-pertanian.

  • Mendukung Ekonomi Lokal

Sektor pertanian masih menjadi tulang punggung ekonomi masyarakat di Kabupaten Tasikmalaya, terutama dengan pengembangan tanaman pangan, hortikultura, dan perkebunan.

  • Pemberdayaan Petani

Melalui kebijakan perlindungan LP2B dan LCP2B, pemerintah juga berfokus pada pemberdayaan petani agar mereka mampu beradaptasi dengan teknologi pertanian modern dan perubahan iklim.

Strategi dan Langkah Ke Depan

Pengelolaan lahan pertanian pangan berkelanjutan di Kabupaten Tasikmalaya membutuhkan kolaborasi antara pemerintah, petani, dan masyarakat.

Beberapa langkah strategis yang bisa dilakukan antara lain pengelolaan lahan pertanian pangan berkelanjutan:

  • Penguatan Sistem Informasi Pertanian

Informasi yang terintegrasi dapat membantu pemerintah dan petani dalam memantau lahan, produksi, serta potensi risiko.

  • Pembinaan dan Edukasi Petani

Melalui program pelatihan, petani dapat diberikan pengetahuan terkait pertanian berkelanjutan dan teknologi ramah lingkungan.

Baca Juga:bank bjb dan bank bjb Syariah Raih Annual Report Award 2023 Berkat Implementasi Tata Kelola yang BaikLorenzo Pellegrini Dikartu Merah, Tedesco Akui Belgia Sangat Terbantu

  • Pengembangan Skema Pembiayaan Pertanian

Akses ke pembiayaan yang lebih mudah dan terjangkau bagi petani sangat diperlukan untuk meningkatkan produktivitas.

  • Pengawasan dan Pengendalian Alih Fungsi Lahan

Pemerintah perlu memperketat pengawasan untuk mencegah alih fungsi lahan secara ilegal dan memastikan kawasan KP2B tetap terjaga.

Pada Rabu, 28 Agustus 2024, DPKPP Kabupaten Tasikmalaya sudah melaksanakan pembinaan dan edukasi para petani di daerahnya dalam bentuk dua pelatihan. Pertama, Pelatihan Manajemen Aset dan Keuangan. Kedua, Pelatihan Manajemen Pengelolaan Korporasi Petani. (*)

0 Komentar