Jalanan di Pedesaan Ciamis Ini Belum Pernah Tersentuh Aspal Sama Sekali, Sudah Diberi Janji Belum Terealisasi

Jalan cipadali di pedesaan ciamis
Jalan di depan SDN 3 Panaragan Kecamatan Cikoneng, Ciamis belum diaspal. (Fatkhur Rizqi/Radartasik.id)
0 Komentar

CIAMIS, RADARTASIK.ID – Usia Kabupaten Ciamis sudah mencapai 382 tahun, akan tetapi masih ada tempat yang belum terjamah pembangunan.

Salah satunya adalah Jalan Cipadali di Desa Panaragan Kecamatan Cikoneng yang belum terjamah aspal.

“Kalau di sini sebagai jalan alternatif ke Desa Darmacaang, jalan Cipadali Desa Panaragan sejauh 400 meter belum terjamah oleh aspal sama sekali. Sehingga tidak bisa dilalui mobil,” kata Kepala Dusun Pereng RT 29/ RW 09 Desa Panaragan Uun Badruzaman kepada Radar, Senin 22 Juli 2024.

Baca Juga:Ditunjuk Jadi Ketua Kelompok Relawan Ridwan Kamil di Tasikmalaya. Ihsan B Nadirin: Gasssskeunn!Peran KPU dan Bawaslu Nyaris Tak Terdengar di Pilkada Kota Tasikmalaya 2024, Padahal Anggarannya Gemuk!

Sementaara itu, lanjutnya, jalan Dusun Ciloganti menuju SDN 3 Panaragan, sudah diusulkan dibangun menggunakan Dana Desa tahap satu pada anggaran perubahan tahun 2025.

“Tadinya mau dimasukkan dana aspirasi, cuman dana aspirasi tidak tentu turunnya atau kebanyakan meleset. Udah saja kepala desa mengusulkan menggunakan dana desa, agar pasti pembangunan jalannya,” kata dia.

Sedangkan untuk jalan Pereng hingga jalan Panaragan sudah ada anggaran dari Provinsi Jawa Barat. Rencananya jalan itu akan dicor sepanjang 1.700 meter.

“Kemarin sih pihak pelaksana sudah mengukur sebelum Pemilu (Februari, Red). Saat ditanya habis pemilu, akan tetapi sampai sekarang belum ada kegiatan pembangunan jalannya,”katanya.

Ia pun mengaku telah mendapat informasi dari kepala desa ketika pertemuan di bandung bahwa ada lima desa di Kabupaten Ciamis yang akan mendapat perbaikan jalan.

Salah satunya adalah Desa Panaragan Kecamatan Cikoneng. Akan tetapi sejak saat itu, belum ada kabar lagi.

“Masyarakat sudah dikasih angin segar, bahwa sebelum Idul Fitri sudah beres. Ternyata sampai sekarang belum ada realisasinya,” keluhnya.

Baca Juga:Ivan Dicksan Mampu Ciptakan Partisipasi Publik, Sehari 5-7 Titik Didatangi untuk Penuhi Undangan Warga!Viman Alfarizi dan Politik Sedekah: Gabungkan Kekuatan Kawan, Lawan dan yang Abu-Abu untuk Memenangkan Pilkada

Menurut dia kondisi jalan yang rusak di wilayahnya sudah melewati dua kali pergantian kepala desa. Atau hampir sepuluh tahun. Belum pernah diaspal lagi.

Dahulu jalan itu pernah dilapisi aspal akan tetapi hanya lapen tipis. Bukan hotmix.

Warga Dusun Pereng Desa Panaragan Irin Kosirin (43) mengakui bahwa sudah lama jalan menuju SDN 3 Panaragan rusak.

Oleh karenanya ia meminta pemerintah Kabupaten Ciamis atau pemerintah Provinsi Jawa Barat bisa segera memperbaikinya. Apalagi kondisi yang jalan Dusun Ciloganti sebagai akses ke sekolah masih pengerasan tanah. Belum dilakukan pengaspalan, baru batu pasang.

0 Komentar