RADARTASIK.ID – Sepeda motor pada umumnya mempunyai dua jenis standar, yakni standar samping dan standar ganda, atau yang biasa disebut standar tengah.
Keduanya berguna untuk menopang dan menahan sepeda motor dalam keadaan diam supaya stabil, tidak goyang, dan tidak ambruk ketika parkir, ketika mencuci, dalam perbaikan, atau ketika kondisi sepeda motor disimpan dalam waktu lama.
Untuk menggunakan standar samping tampak cukup mudah dan praktis. Namun berbeda dengan penggunaan standar tengah, beberapa orang, terutama kaum hawa, mungkin menghadapi kesulitan.
Baca Juga:Honda Ramadan Exhibition Dimulai di Kota Bandung, Ada Promo Menarik, Lihat Langsung Line Up TerbaruSMAN 3 Tasikmalaya Meraih Juara Favorit dalam Lomba Karya Ilmiah se-Priangan Timur di Kampus UBTH
Berikut ini cara mudah menurunkan standar tengah yang aman dan tepat:
1. Pastikanlah mesin sepeda motor dalam keadaan mati dengan memutar kunci kontak dalam keadaan off. Namun stang kemudi juga harus dipastikan tidak dalam keadaan terkunci leher, pasalnya jika tidak, proses menurunkan standar tengah akan terkendala.
2. Luruskanlah stang kemudi, lalu posisikan tangan kiri memegang stang kemudi sebelah kiri dan tangan kanan memegang behel atau rear grip belakang sepeda motor.
3. Pastikanlah keadaan aspal, tanah, coran beton, atau tempat untuk menurunkan standar tengah dalam keadaan rata, kukuh, tidak licin, dan tidak ada batu-batu kecil yang dapat berpotensi menyebabkan sepeda motor tidak stabil dan tidak aman saat berdiri.
4. Turunkanlah standar tengah memakai kaki sebelah kanan, sedangkan kaki kiri tetap di atas aspal. Dalam tahap ini, bantuan tangan kiri di setang kemudi dan tangan kanan di behel mengalirkan tenaga untuk mengangkat dan menarik, sedangkan kaki fokus untuk menekan ke bawah sampai standar tengah dapat turun dan membuat sepeda motor tegak sempurna.
”Seperti bagian lainnya, standar tengah juga perlu mendapat perawatan,” ungkap Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (PT DAM) Ade Rohman.
”Jadi, selalu pastikan kebersihannya dan jangan lupa untuk memberikan pelumas di bagian as dan pegas standar tengah agar bagian tersebut awet dan tetap bekerja optimal,” tuturnya. (*)