Perkembangan Kota Tasikmalaya di Usia 22 Tahun, Cheka: Tasik Makin Asik

perkembangan kota tasikmalaya
Warga bermain di Alun-Alun Dadaha. foto: Rangga Jatnika/radartasik.id
0 Komentar

Tahun 2023 ini, merupakan tahun pertama dari periode rencana pembangunan daerah Kota Tasikmalaya Tahun 2023-2026.

Di mana tujuannya sendiri yakni pertama meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat, kedua mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas berbasis kearifan lokal.

Ketiga, mewujudkan perkeonomian daerah yang berkualitas dan keempat mewujudkan infrastruktur dan penataan ruang yang mendukung kota nyaman huni berwawasan lingkungan.

“Serta kelima, mewujudkan implementasi reformasi birokrasi,” tutur dia.

Baca Juga:Rapat Paripurna Pengesahan Raperda Perubahan APBD Kota Tasikmalaya Diskors 1 Jam, Gara-gara Bappelitbangda?151 Kepala Sekolah di Kota Tasikmalaya Segera Dilantik, Pemkot Tunggu Rekomendasi Beberapa Lembaga

Berdasarkan arah kebijakan prioritas pembangunan dan fokus pembangunan serta isu strategis yang tengah berkembang.

Dirumuskan tema pembangunan Kota Tasikmalaya tahun 2023, yakni peningkatan kualitas SDM dan produktivitas untuk pengurangan kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif berkelanjutan.

“Di tengah masa sulit karena harus berjuang untuk memulihkan situasi, baik situasi ekonomi, sosial maupun budaya yang disebabkan pandemi Covid-19 beberapa waktu yang lalu. Alhamdulillah Kota Tasikmalaya masih terus bisa tumbuh dan berkembang dengan berbagai raihan prestasi dan penghargaan pada tahun 2023,” paparnya.

Pertama, Pemkot Tasikmalaya meraih Penghargaan Predikat BB atas penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi pemerintah (SAKIP) dan Predikat B atas Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Disusul Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia atas Laporan Keuangan Pemerintah Kota Tasikmalaya untuk yang ke-7 kalinya secara berturut-turut.

Selain itu, konsistensi Pemkot terhadap kepedulian Hak Asasi Manusia (HAM), dibuktikan dengan diraihnya Penghargaan Kota Peduli HAM dari Kementerian Hukum dan HAM untuk ke-9 kalinya secara berturut-turut.

Disusul, penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik sebagai Kota Informatif Jawa Barat dari Pemprov Jawa Barat.

Baca Juga:Sesepuh Yayasan Majelis Tuna Netra Prihatin, Gadget mempengaruhi minat baca tulis BrailleCari Peluang Stabilkan Harga Komoditas, Pj Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah Kunjungi Rumah Potong Ayam di Ciamis

Selain deretan prestasi itu, dalam menata kepegawaian pun pemkot mendapat apresiasi Penghargaan Anugerah Meritokrasi KASN Kategori Baik dari Komisi Aparatur Sipil Negara.

Kemudian, Pemkot Tasikmalaya juga meraih penghargaan terbaik ke-3 Apresiasi Jawara Ekonomi Digital atau ‘AJEG’ pada kegiatan West Java Annual Meeting dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Penghargaan lainnya, Universal Health Coverage (UHC) Award Tahun 2023 dari wakil presiden.

0 Komentar