5 Penyebab Aki Mobil Mudah Tekor, Perhitungkan Sebelum Pasang Aksesori

Aki mobil dan motor
Ilustrasi pemeriksaan Aki mobil. (Foto: net)
0 Komentar

3. Aksesori Kendaraan Terlalu Banyak

Aksesori kendaraan yang terlalu banyak akan membuat beban Aki semakin berat. Beban yang melebihi kapasitas itu akan membuat Aki lebih cepat tekor dan usianya tak bisa bertahan lama.

Dalam hal ini akasesori mobil yang biasanya memakan banyak daya listrik adalah Audio. Apalagi jika menggunakan power dan subwoofer besar, daya yang diperlukan juga besar.

Untuk menghindari kerusakan pada Aki maka lakukan penyesuaian dengan mengunakan Aki berkapasitas lebih besar dari standar yang disarankan pabrikan.

4. Usia Aki Sudah Tua

Baca Juga:Wajib Tahu! Keseringan Gonta-Ganti Jenis BBM Berisiko Merusak Mesin dan Bikin Boros332 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Dilantik, Cheka Ingatkan Tugasnya Sama dengan PNS

Usia Aki mobil yang sudah tua sangat mempengaruhi penyimpanan arus. Semakin tua usia sebuah Aki, maka kekuatan menyimpan arusnya akan semakin berkurang.

Apalagi jika kendaraan sering digunakan bepergian jarak jauh atau digunakan dalam waktu lama atau mengangkut beban berat.

Sebaiknya ganti Aki setiap 2-3 tahun sekali dengan jenis yang berkualitas dan kapasitasnya sesuai standar yang disarankan pabrikan.

5. Kapasitas Aki Terlalu Kecil

Hal ini biasa terjadi pada mobil-mobil tua yang sudah tidak menggunakan Aki bawaan pabrikan. Ketika mengganti Aki mobil, tidak semua pemilik mengetahui kapasitas Aki yang disarankan untuk mobilnya.

Apalagi dengan harga Aki yang cukup mahal seperti sekarang, banyak pemilik kendaraan memilih Aki berkapasitas kecil karena harganya lebih murah.

Aki dengan kapasitas kecil dapat membuat over supply sementara Aki tidak dapat menampung seluruh arus dari sistem pengisian. Hal ini akan membuat Aki cepat tekor atau rusak.

Itu lah sedikit ulasan mengenai beberapa faktor penyebab Aki atau baterai kendaraan mudah tekor atau rusak.

Baca Juga:Harga BBM Nonsubsidi Kembali Naik untuk 4 Jenis Ini Per 1 September 2023Menginap di Bobocabin Kintamani Dekat Danau Batur, Ternyata Segini Harga Sewanya Per Malam

Jika Anda mengalaminya sebaiknya segera ganti menggunakan Aki baru, agar mobil kembali prima. Bisa ambil merek GS, Incoe, ataupun Aspira. (*)

0 Komentar