Perbaiki Rapor Pendidikan di Kota Tasikmalaya dengan Metode Gasing

Pendidikan
Pengimbasan Kegiatan Kompetensi Numerasi SD dengan Metode Gasing di Kompleks SDN Cikalang dan SDN Nyantong, 28 Agustus - 6 September 2023. (Fatkhur Rizqi/Radar Tasikmalaya)
0 Komentar

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Hasil rapor pendidikan di Kota Tasikmalaya dari hasil asesmen nasional masih merah, terutama capaian numerasi. Oleh karenanya untuk mendukung peningkatan baik literasi dan numerasi pada satuan pendidikan Kota Tasikmalaya, saat ini sedang melangkah pembenahan dalam peningkatan kualitas pembelajaran siswa yang sesuai kebutuhan dengan rapor pendidikan.

Untuk itu, sekolah-sekolah pun harus menindaklanjuti dengan berbagai upaya perbaikan baik literasi dan numerasinya. Salah upaya yang di klaim ampuh dalam perbaikan numerasi tersebut dengan memberikan program pengimbasan pandai berhitung dengan metode gampang, asik, dan menyenangkan (Gasing).

Seperti yang dilakukan 26 sekolah dasar di Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya, mengadakan Pengimbasan Kegiatan Kompetensi Numerasi SD dengan Metode Gasing di Kompleks SDN Cikalang dan SDN Nyantong, 28 Agustus – 6 September 2023.

Baca Juga:Kacamata Trendy dan Lengkap di Optik Latansa Plaza Asia TasikmalayaSiswa dan Guru SMPN 10 Kota Tasikmalaya Diajarkan Mitigasi Bencana

Ketua Pelaksana Iin Indragunawan SPd MPd mengatakan, dasar adanya pengimbasan metode Gasing di sini untuk mengupayakan perbaikan rapor pendidikan di Kota Tasikmalaya yang masih nilai rendah. Dan merupakan program pemerintah melalui Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya agar guru mampu metode Gasing untuk dapat mendidik siswa dengan cara gampang, asik, dan menyenangkan.

“Upaya kita adanya pengimbasan metode Gasing ini agar rapor pendidikan masih rendah ini bisa lebih meningkat lagi,” katanya kepada Radar, Senin (28/8/2023).

Oleh karenanya, dalam pengimbasan metode Gasing ini mengajak 51 guru dan 51 siswa se-Kecamatan Tawang  untuk peningkatan kompetensi numerasi dengan metode Gasing selama 10 hari. Setelah mengetahui metode Gasing, diharapkan bisa mengubah pola pikir belajar matematika dan mata pelajaran lainnya juga jadi lebih menyenangkan.

“Metode Gasing ini kita mengenalkan mulai dari penjumlahan, perkalian, pengurangan, pembagian yang  gampang, asik dan menyenangkan,” ujarnya.

Lalu selanjutnya bukan hanya untuk matematika saja. Melainkan juga guru bisa berinovasi bisa untuk mata pelajaran lainnya untuk menerapkan metode gampang asik, dan menyenangkan.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Nanang Suhara menyampaikan, pengimbasan metode Gasing ini menggunakan dana perubahan bantuan operasional sekolah (BOS). Tentunya agar supaya pengimbasan cepat terealisasi, karena demi kepentingan rapor pendidikan di Kota Tasikmalaya yang numerasinya masih merah.

0 Komentar