7 Rencana Pembangunan Pemkot Banjar Berkaitan dengan Wisata Air Sungai Citanduy

7 Rencana Pembangunan Pemkot Banjar Berkaitan dengan Wisata Air Sungai Citanduy
Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih memiliki rencana untuk pembangunan wisata air Sungai Citanduy. Foto: Istimewa
0 Komentar

BANJAR, RADARTASIK.ID – Pemkot Banjar mulai bersinergi dengan BBWS Citanduy untuk menggali potensi wisata air Sungai Citanduy. Rencananya, pemkot membangun wisata perahu dari titik Pusdai hingga Dobo Kuliner.

Wisata perahu nantinya akan didukung dermaga serta jogging track. Jalur jogging sendiri saat ini sebagian sudah ada. Tinggal penyempurnaan.

Rencana pembangunan wisata sungai juga akan didukung BBWS Citanduy dengan membangun sheet pile beton di sepanjang tebing atau pinggir sungai.

Baca Juga:Bangun Citanduy Water Way, BBWS Citanduy Akan Melakukan Kajian MendalamPilkades Serentak Akan Digelar di Kabupaten Pangandaran, Desa Mana Saja?

“Ada 7 rencana pembangunan di Kota Banjar yang berkaitan dengan wilayah kerja BBWS Citanduy,” kata Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih.

Hj Ade Uu Sukaesih mengatakan, 7 rencana itu di antaranya penataan kawasan Agropolitan di bantaran Sungai Citanduy seluas 200,13 hektare. Kedua jogging track Pusdai ke Pendopo sepanjang 1,95 kilometer serta Pendopo ke Dobo sepanjang 2,8 kilometer.

Ketiga Citanduy Water Way. Ke empat Penataan Eco Park. Kelima penataan tebing. Enam penataan tanggul. Dan ketujuh penatan sepanjang jalur irigasi.

Pemkot Banjar juga pada tahun 2022 telah melakukan rapat koordinasi dengan BBWS Citanduy. Rapat juga dengan Kepala Bappelitbangda, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Banjar.

Rapat koordinasi membahas sinergitas dan keselarasan program dan kegiatan antara Pemkot Banjar dan BBWS Citanduy.

BBWS Citanduy sendiri mendukung rencana pembangunan wisata air Sungai Citanduy itu. Salah satunya yakni Citanduy Water Way.

Termasuk kajian risiko keamanan sungai untuk dijadikan lokasi wisata susur sungai mengunakan perahu. “Tentu untuk rencana itu akan kami dukung,” ujarnya.

Baca Juga:Pakaian Honorer dan ASN Beda, Bupati Pangandaran Lebih Setuju DisamakanPenanganan Stunting, Dinkes Pangandaran Usulkan Rp 6 Miliar

“Namun kami juga butuh kajian yang mendalam terlebih dahulu, terlebih dalam aspek keamanan dan keselamatannya, mengingat arus Sungai Citanduy ini deras dan dalam,” kata Hendra Ahyadi, Kamis 16 Maret 2023.

0 Komentar