TASIK, RADSIK – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) berkolaborasi dengan Karya Digital Madani (KDM) melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) menyelenggarakan Pelatihan Community Leaders di Ballroom Hotel Santika Tasikmalaya, Jumat (18/11/2022). Dengan tema Insan PNM Berkualitas, Dukung UMKM Indonesia Naik Kelas.
Pelatihan ini, diikuti oleh 500 peserta dari pendamping nasabah PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) yakni Kepala Unit Mekaar, Senior Account Officer, Account Officer wilayah kerja Tasikmalaya. Meliputi Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, dan Kabupaten Pangandaran.
Pemimpin PNM Cabang Tasikmalaya Rahmad Sadono menyampaikan, pelatihan Community Leader untuk dapat memberikan bekal kepada pendamping nasabah PNM Mekaar untuk mendapatkan pengetahuan baru, sehingga semakin berkualitas dalam memajukan usaha nasabah. Wujudnya dengan memfasilitasi pemberian materi beserta program-program sosial media yaitu Bakool, Produk Keren UMKM (PKU), Belajar Bareng PNM, dan Ngobrol Bareng PNM.
Baca Juga:infrastruktur Hebat Ekonomi MeningkatRomantisisme Estafet Kepemimpinan
”Adanya pelatihan ini, memberikan ilmu dan motivasi kepada pendamping nasabah PNM. Tentunya untuk membantu nasabah sehingga usahanya bisa berkembang lebih maju,” katanya kepada Radar, Jumat (18/11/2022).
Kemudian, pelatihan ini sebagai wujud komitmen PNM dalam membangun hubungan emosional dan memberikan dukungan kepada para pendamping nasabah. Pastinya agar dapat menerapkan akhlak yakni amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif.
“Dengan begitu, dapat menguatkan program pembiayaan PNM. Semua itu, untuk membantu pelaku usaha di level ultra mikro dapat naik kelas,” ujarnya.
Selanjutnya, dalam kegiatan pelatihan community leader pendamping mesti mengetahui tugasnya. Yakni membangunkan percakapan harian dengan nasabah PNM, mengajak nasabah PNM untuk ikut serta dalam kegiatan komunitas, dan membantu mengumpulkan konten nasabah PNM perbulan.
Mengingat di era digital saat ini, PNM untuk mengajak para nasabah agar mengenal media sosial. Oleh karena, pihaknya melakukan pelatihan kepada pendamping PNM Mekaar agar lebih aktif untuk mengajak nasabahnya untuk bisa go online.
“Para pendamping nasabah PNM diharapkan untuk membantu nasabahnya untuk go digital. Itu bisa dimulai hal yang kecil, mengajarkan posting barang dagangan ataupun membalas customer agar terbiasa menggunakan media digital,” katanya.