PAGERAGEUNG, RADSIK – Warga Desa Cipacing Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya melaksanakan kerja bakti memperbaiki saluran air Blok Cikukuk Kampung Margaluyu, Jumat (11/11/2022). Perbaikan saluran ini meliputi pelebaran saluran dan pengerukan tanah yang menghambat jalannya aliran air.

Warga terlihat sangat antusias dalam kegiatan gotong royong ini, mengingat sangat pentingnya aliran air untuk mengaliri tanaman padi mereka. Di mana mayoritas masyarakat di Desa Cipacing adalah petani.

Kepala Desa Cipacing Aris Suryadi mengatakan, dirinya sengaja terjun langsung dalam gotong royong tersebut, mengapreasi warganya yang cukup semangat memperbaiki saluran air ini agar lancar. “Perbaikan ini demi kebutuhan dan menghidupkan pertanian warga kami dengan cara bergotong royong. Jangan sampai air tidak mengalir ke sawah warga,” ujarnya kepada Radar, kemarin.

Kata dia, saluran irigasi yang merupakan sumber utama pemasok air menuju ke pesawahan warga, dengan aliran air yang lancar diharapkan petani lebih mudah ketika membajak sawah dan tanaman padi menjadi subur karena tidak kekurangan air.

Aris mengucapkam terima kasih kepada warganya yang sudah bersedia gotong royong. Dengan gotong royong pekerjaan yang berat akan menjadi ringan, sekaligus kegiatan ini dapat meningkatkan kerukunan dan semangat kebersamaan.

“Ini sangat positif sekali karena masyarakat menjadi lebih akrab dan warga merasa sangat terbantu, semangat gotong royongnya juga semakin baik. Saya sangat berterima kasih, semoga ke depan kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan di dusun-dusun lain sebagai salah satu bentuk upaya mendukung program ketahanan pangan,” kata dia.

Sementara itu, salah satu warga Desa Cipacing Ujang Suherman mengatakan kegiatan gotong royong ini sangat bagus, mengingat kegiatan perbaikan ini juga sangat diperlukan dan dirasakan oleh petani. “Demi kelancaran pengairan untuk area pesawahan yang digunakan untuk tanaman petani, terutama tanaman padi, agar debit air bisa mengalir stabil. Sehingga nantinya, hasil panen yang didapat oleh petani bisa maksimal,” ucapnya. (obi)

%d blogger menyukai ini: