UMK Pangandaran Tahun 2024 Naik Rp 67 Ribu, Nominalnya Jadi Segini

PANGANDARAN, RADARTASIK.ID – UMK Pangandaran tahun 2024 mengalami kenaikan. Hal itu dikatakan Sekretaris Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Pangandaran Wawan Iriawan.

Wawan Iriawan mengatakan, tahun 2024 nanti UMK Pangandaran  sebesar Rp 2.086.126. “Tahun 2023 UMK Pangandaran  sebesar Rp 2.018.389,” katanya, Jumat 1 Desember 2023.

Itu artinya, ada kenaikan sekitar Rp 67 ribu atau 3,36 persen dari tahun sebelumnya. “Ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 51,” katanya.

Baca Juga: Satbrimob Polda Jabar Amankan Terduga Penebang Liar di Pangandaran

Menurutnya, angka itu berdasarkan hasil kesepakatan dengan organisasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) dan mengikuti perhitungan PP Nomor 51.

“Akan tetapi dalam berita acara kita juga usulkan keinginan SPSI terkait dengan KHL (Kebutuhan Hidup Layak), usulannya naik 10 persen. Dalam berita acara dimasukan keinginan dan harapan mereka,” jelasnya.

Baca Juga: Pantai Bale Kembang Pangandaran Suguhkan Hamparan Samudera Hindia, Masuk Masih Gratis

Akan tetapi, pihak provinsi lebih mengacu pada perhitungan PP Nomor 51, sehingga kenaikannya hanya 3 persen lebih. “Kalau kita sudah usahakan agar yang 10 persen bisa disetujui, tapi apa daya hanya 3 persen,” katanya.

Dorong Perusahaan Terapkan UMK Pangandaran

Secara umum pihaknya mendorong perusahaan di Kabupaten Pangandaran menerapkan gaji sesuai UMK. “Cuma ada yang kondisinya sudah menerapkan, ada yang belum, seperti hotel ada yang dipekerjakannya part time atau paruh waktu hanya weekend saja saat ramai,” jelasnya.

Untuk pengawasan, kata Wawan, menjadi ranah provinsi. “Untuk penerapan itu, kita mengingatkan, mendorong dan  kalau dari sisi pengawasan itu provinsi yang mempunyai kewenangan untuk mengawasi,” katanya.

Menurut Wawan, sudah banyak perusahaan yang menerapkan. “Artinya lebih dari satu dua atau 10 perusahaan yang menerapkan UMK,” jelasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *