Tol Getaci Berpotensi Lewati Perum Asri Residence di Desa Cintaraja Kabupaten Tasikmalaya

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Jalur Tol Getaci berpotensi lewati Perum Asri Residence di Desa Cintaraja Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya.

Saat ini, Pemerintah Desa Cintaraja masih menunggu keputusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya terkait jalur Tol Gedebage-Tasikmalaya-Ciamis (Getaci) yang akan melewati desanya.

Sekretaris Desa Cintaraja Agus Salim mengatakan hingga saat ini belum ada kepastian titik mana di desanya yang akan dilintasi jalur Tol Getaci.

”Yang benar-benar fiks itu belum ada disebabkan ada dua kabar. Ada yang jalur 1 ada yang jalur 2. Ini belum yakin Tol Getaci tersebut akan ke jalur 1 atau jalur 2, menunggu perbup yang memang oleh bupati disahkan,” kata Agus Salim kepada Radartasik.id, Selasa 30 Januari 2024.

Baca juga:

Jalur 1 merupakan wilayah permukiman penduduk sedangkan jalur 2 didominasi oleh pegunungan dan persawahan.

”Jalur 1 itu dari sini ke arah sana—Perum Asri Residence—kena. Kan Perum Asri itu besar wilayahnya. Kalau jalur 2 itu ke belakang Perum Asri,” tutur Agus Salim.

Jalur 2 sendiri merupakan jalur alternatif yang diberikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) yang rutenya berbeda dengan jalur 1.

”Sebelumnya ada dua bulan ke belakang ada dari PUPR datang ke desa ngasih tahu jalur ini jalur 2. Pas dilihat dibandingin sama jalur 1 ternyata beda. Sementara pihak desa ya silakan kalau mau jalur 1 atau jalur 2,” ujarnya.

Agus mengaku bahwa pihaknya masih menunggu keputusan Pemkab Tasikmalaya mengenai jalur mana yang akan dilewati Tol Getaci. ”Masih menunggu keputusan bupati yang memang betul-betul kita tunggu. Soalnya kan di masyarakat juga jadi menanti-nanti,” ujarnya.

 Baca juga: 

”Yang penting di masyarakat aman, repeh, rapih, mau ke jalur 1 atau jalur 2,” sambungnya.

Diketahui, ada dua dusun yang terdampak Tol Getaci yakni Dusun Cimacan dan Dusun Cidamar. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *