CIHIDEUNG, RADSIK – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Tasikmalaya langsung melakukan perbaikan pada titik kerusakan penutup saluran air di Jalan HZ Mustofa, Kamis (16/6/2022). Bangku dan kayu penghalang pun sudah tidak lagi terpasang di area tersebut.

Kepala Dinas PUTR Kota Tasikmalaya H Dudi Mulyadi menuturkan pihaknya langsung menurunkan petugas untuk melakukan perbaikan. Di mana besi penutup saluran air itu dilas kembali supaya tidak membahayakan. ”Hari ini (kemarin) langsung diperbaiki,” ujarnya.

Beberapa waktu lalu, penutup saluran itu sudah diperbaiki karena rusak. Namun pengelasan yang pertama kurang kuat sehingga besinya kembali rusak. ”Itu kan orang teknis yang mengerjakan,” katanya.

Pihaknya pun mewanti-wanti kepada petugas yang melakukan perbaikan agar melakukan pengelasan dengan baik. Supaya tidak gampang rusak mengingat jalur tersebut cukup aktif.

Disinggung adanya keluhan posisi penutup saluran air yang tidak rata dengan permukaan jalan, hal itu memang seharusnya. Posisi penutup lebih rendah supaya air dari jalan mudah masuk. ”Kalau posisinya rendah kan jadi mudah masuk,” ucapnya.

Sebelumnya, besi penutup saluran air di tengah jalan kondisinya rusak. Di atasnya terdapat beberapa kayu dari bekas bangku yang rusak.

Salah seorang pekerja di sekitar lokasi, Abid Abida (70) mengatakan penutup saluran air itu sebelumnya sudah pernah rusak.

Sekitar sebulan ke belakang ada perbaikan dengan pengelasan. ”Belum lama diperbaikinya, tapi sepertinya kurang kuat,” ujarnya kepada Radar, Rabu (15/6/2022).

Kerusakan penutup itu maksudnya beberapa lempengan besi sudah terlepas dari tempatnya. Maka dari itu, warga memasang kayu-kayu sebagai penanda. ”Berisik juga suara besinya kalau ada yang lewat penutup yang rusak itu,” ucapnya.

Selain itu, kondisi tersebut bisa membahayakan. Karena beberapa waktu sebelumnya ada sepeda motor yang sempat jatuh karena hilang keseimbangan. ”Apalagi posisinya tidak rata dengan jalan,” katanya. (rga)

%d blogger menyukai ini: