RADARTASIK.ID – Perangkat kopling menjadi perbedaan komponen antara sepeda motor tipe transmisi matic dengan yang memakai transmisi manual.
Perangkat kopling biasanya terdiri dari beberapa komponen, yaitu tuas kopling, kabel kopling, clutch adjuster, sampai bagian dalam mesin seperti per dan kampas kopling.
Sepeda motor akan bekerja optimal apabila seluruh perangkat kopling dalam kondisi prima.
Baca Juga:Paguyuban Motor Honda Bekasi Selenggarakan Kopdargab PMHB Ke-8, Bahasa Dinamika Seputar Sepeda MotorMantan Bupati Tasikmalaya Tatang Farhanul Hakim Meninggal Dunia
Kendala yang kerap dialami oleh pengendara motor bertransmisi manual yakni kampas kopling yang aus, dan yang paling umum seperti putusnya kabel kopling.
Ade Rohman menyebut kabel kopling putus biasanya diakibatkan karena karat pada bagian selang.
”Atau bisa juga karena setelan yang tidak tepat atau juga karena kabel yang terjepit sehingga membuat kinerja kabel kopling tidak bekerja dan terhambat,” tutur Ade Rohman dalam rilis yang diterima Radartasik.id.
Apabila di bagian dalam kabel kopling itu ada karat dan kotoran, kawat sling tidak akan bekerja dengan lancar atau malah macet.