Teater 28 Unsil

TASIK, RADSIK – Kreativitas generasi muda dalam bidang kesenian, khususnya seni peran atau teater harus diwadahi secara optimal. Sebab dengan mereka memiliki kreativitas, mampu mengoptimalkan pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam melahirkan ide-ide baru.

Salah satu cara mewadahi kreativitas tersebut dengan perlombaan. Untuk itu, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater 28 Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya sedang mengadakan Siliwangi Monologue Event 2022 Episode VI dengan tema Tubuh, Laku, dan Pernyataan pada 13 Juni-13 Agustus 2022.

Untuk jadwalnya, pendaftaran 13 Juni-1 Juli, pengumpulan video 1-5 Agustus, pengumuman video terbaik lima besar pada 8 Agustus. Setelahnya, final secara luring pada 13 Agustus di Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya.

Kaisar Teater 28 Unsil Tasikmalaya Aziz Fahrul Roji atau Waru mengatakan, pelaksanaan perlombaan seni pemeranan ini, untuk mengembalikan kembali kreativitas secara luring, yang sebelumnya masih daring. Dengan saling bertemu, nanti akan saling mengetahui kultur budaya dan seni, khusus pada teater.

“Adanya Siliwangi Monologue Event secara langsung studi banding penampilan teaternya. Selain, untuk mengasah kreativitas dari masing-masing generasi muda,” katanya kepada Radar, Rabu (15/6/2022).

Sedangkan untuk anggota UKM Teater 28 Unsil Tasikmalaya dilatih belajar berorganisasi, selain bermain peran. “Dengan begitu dapat peningkatan sumber daya manusia (SDM) mahir membuat produk atau event kesenian ke depannya,” ujarnya.

Manfaat lainnya, UKM Teater 28 Unsil Tasikmalaya diajarkan konsisten agar Siliwangi Monologue Event 2022 yang sudah mencapai episode VI terus dilaksanakan. Walaupun dua tahun sebelumnya pandemi Covid-19 digelar secara daring.

Ia pun menceritakan, berbeda dalam setiap tahunnya pelaksanaan Siliwangi Monologue Event. Mulai dari Siliwangi Monologue Event episode I untuk siswa SMA/SMK/MA se-Kota Tasikmalaya, Siliwangi Monologue Event episode II untuk mahasiswa se-Priangan Timur, Siliwangi Monologue Event episode III untuk mahasiswa Jawa Barat, Siliwangi Monologue Event episode IV Jawa-Bali, dan Siliwangi Monologue Event episode V mahasiswa se-nasional full daring. “Sekarang Siliwangi Monologue Event episode VI diikuti mahasiswa se-nasional daring dan luring,” katanya.

Ketua Pelaksana Siliwangi Monologue Event 2022 episode VI, Lutfia Nisa Nuridayah menambahkan pelaksanaan lomba dibuat sesuai tema yakni Tubuh, Laku, dan Pernyataan. Untuk itu, arahnya untuk mempererat kembali UKM Teater se-nasional. “Menjalin hubungan baik antar UKM Teater se-nasional,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan lomba tersebut, pihaknya pun menargetkan sebanyak 35 peserta se-nasional. Selanjutnya, mereka yang sudah mendaftar dalam lomba Siliwangi Monologue Event 2022 episode VI, tentunya harus menampilkan pementasan karya naskah dari penggiat seni nasional. (riz)

%d blogger menyukai ini: