SINGAPARNA, RADSIK – Sebanyak 404 calon jemaah haji kloter 18 asal Kabupaten Tasikmalaya diberangkatkan ke Embarkasi Bekasi dari Asrama Haji Kompleks Islamic Center, Selasa (14/6/2022).

Para jemaah haji tersebut dilepas langsung oleh Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto yang juga akan berangkat ke tanah suci sebagai Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) pada 3 Juli mendatang.

“Kami ucapkan apresiasi, kepada penyelenggara haji, dalam hal ini Kemenag serta seluruh jajaran yang Alhamdulillah secara tertib pemberangkatan ini telah selesai,” ungkap Ade kepada wartawan di Kompleks Gedung Islamic Center (IC).

Kemudian, lanjut dia, mengapresiasi kepada masyarakat yang menyambut gembira dibukanya kembali pemberangkatan haji oleh Pemerintah Arab Saudi, usai pandemi yang melanda selama dua tahun ini.

“Bukan Indonesia saja, yang hari ini menyambut gembira, tetapi seluruh dunia, dua tahun kita tidak ada kesempatan untuk naik haji. Hari ini disambut luar biasa, saya lihat dari luar banyak keluarga kerabat yang mengantar,” kata dia.

“Mudah-mudahan menjadi hal yang positif bagi semua masyarakat Kabupaten Tasikmalaya. Para jemaah haji menjadi haji yang mabrur dan diterima oleh Allah SWT. Saya juga ikut berangkat ke Tanah Suci melaksanakan ibadah haji tanggal 3 Juli, mudah-mudahan mohon doanya dari semua,” ujarnya, menambahkan.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tasikmalaya Usep Saepudin Muhtar menambahkan, kloter 18 yang berjumlah 404 orang jemaah haji ditambah pendamping dan petugas menjadi 410 orang sudah berangkat ke Embarkasi Bekasi.

Selanjutnya kloter 37 yang berjumlah 197 orang akan berangkat pada 28 Juni. Yang di dalamnya jemaah haji asal Kabupaten Tasikmalaya akan bergabung bersama jemaah haji asal Ciamis. “Dan yang ketiga kloter 43, ada 95 jemaah haji Kabupaten Tasik bergabung dengan kloter jemaah haji dari Kota Tasikmalaya dan Bandung. Akan berangkat pada 1 Juli,” kata dia.

Dia menambahkan, jadi untuk jumlah keseluruhan jemaah haji yang berangkat asal Kabupaten Tasikmalaya yakni 674 orang haji reguler. Dengan jumlah tiga kloter. (dik)

%d blogger menyukai ini: