TK Nurul Hidayah Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya

RADAR TASIK – Keceriaan terli­hat di Kompleks Kantor Pemadam Ke­ba­karan (Damkar) Kota Tasikmalaya. Se­jumlah siswa taman kanak-ka­nak mengikuti rangkaian kun­ju­ng­an untuk mengenal lebih jauh tu­gas mulia para penakluk api tersebut.

Sejak pagi hari, Rabu (2/3/2022) mereka sudah tiba di kompleks area Damkar bersama para guru pendamping. Mereka diajak berkeliling menggunakan mobil pemadam kebakaran, kemudian melakukan simulasi pemadaman api dan cara melakukan evakuasi di saat terjadi kebakaran.

“Pada kunjungan ini kami ingin mengajarkan dan mengenalkan bahwa di kota kita ada satuan pemadam kebakaran yang tugasnya begitu mulia yakni menyelamatkan warga ketika terjadi musibah dan memadamkan api yang sedang menyala pada peristiwa kebakaran,” ujar pendamping siswa TK Nurul Hidayah Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya Iros Rosita.
Menurutnya para peserta mesti memahami dan menghargai profesi apapun, terutama yang berkaitan dengan urusan keselamatan orang banyak.

Salah satunya para petugas Damkar yang harus siap sedia dalam kondisi apapun, ketika mendapat informasi bencana atau kondisi darurat seperti kebakaran.

“Alhamdulillah kunjungan ini masih dalam suasana ulang tahun Damkar ke-103, jadi sambil berkunjung kami juga menyampaikan apresiasi serta bentuk terima kasih kepada para petugas yang sudah mendedikasikan diri selama ini membantu warga Kota Tasikmalaya,” katanya.

Tidak hanya urusan memadamkan kebakaran, lanjut Iros, petugas Damkar juga belakangan ini sering melakukan operasi sarang tawon. Di mana, masyarakat yang di rumah atau lingkungannya terdapat sarang tawon, bisa menghubungi Damkar untuk dievakuasi.

“Bahkan belakangan ini juga kita dengar Damkar kita mengamankan biawak yang ada di atap rumah warga. Kami harap, ada anak didik kami ke depan menanamkan nilai-nilai patriotisme yang tertanam pada para petugas Damkar saat terjun ke masyarakat kelak,” harap Iros.

Salah seorang Petugas Damkar Dede Gepe bersyukur adanya apresiasi dari sejumlah masyarakat akan tugas dan peran mereka selama ini. Di momen ulang tahun ke-103 Damkar, pihaknya sudah banyak melakukan aktivitas-aktivitas cukup berbahaya dalam melayani masyarakat. “Terutama mengusir binatang buas, serta melakukan hal-hal lain yang dibutuhkan masyarakat tatkala meminta pertolongan petugas,” kata dia. (igi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: