SMKN 1 Tasikmalaya Gandeng Perusahaan Jepang, Salurkan Lulusan untuk Bekerja di Luar Negeri

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – SMKN 1 Tasikmalaya menerima kunjungan dari tim Porters Asia SG Pte Ltd – Porters Corporation dan Talentex Jepang, Senin (22/1/2024).

Delegasi perusahaan dari Jepang yang hadir yaitu Founder and CEO Talentex Yojiro Koshi, Managing Director Porters Asia SG Pte Ltd Ken Mitsui dan Sales and Marketing Porters Corporation Miyu Gensui.

Perusahaan Porters Asia SG Pte Ltd -Porters Corporation dan Talentex Jepang ini memiliki kerja sama dengan sekitar 15.000 perusahaan di bidang hospitality, mulai dari; perhotelan, industri makanan, dan lainnya. Tujuannya melakukan kunjungan dan ke depannya akan melakukan kerja sama dengan SMKN 1 Tasikmalaya.

Kepala SMKN 1 Tasikmalya Dr H Wawan SPd MM mengatakan, SMKN 1 Tasikmalaya terus melakukan upaya peningkatan lulusannya dapat langsung bekerja baik dalam negeri ataupun luar negeri. Khususnya di luar negeri, pihaknya terus melakukan pengembangan kerja sama dengan perusahaan yang ada di Jepang, yang sudah berjalan kerja sama dengan perusahaan Tokyo Biso Jepang.

Baca juga: Guru SMKN 1 Tasikmalaya Belajar Logistik Langsung di Perancis

“Kita terus melakukan pengembangan ke perusahaan Jepang lainnya, supaya lulusan kami terserap. Seperti saat ini ada tiga orang delegasi dari perusahaan Jepang yaitu tim Porters Asia SG Pte Ltd – Porters Corporation dan Talentex Jepang sedang berkunjung ke SMKN 1 Tasikmalaya untuk melihat potensi sekolah dan follow up-nya diharapkan membuka kelas industri di sini,” katanya kepada Radar, Senin (22/1/2024).

Mengingat, sambung ia, siswa di SMKN 1 Tasikmalaya ada ketertarikan yang baik di Jepang. Jumlahnya sekarang ada 131 siswa yang berminat untuk masuk kelas Jepang ataupun memperdalam bahasa Jepang.

“Kini siswa SMKN 1 Tasikmalaya sudah mulai tertarik bekerja di Jepang. Sehingga kita terus kembangkan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang ada di Jepang,” ujarnya.

Selanjutnya dalam menunjang lulusan agar dapat bekerja di Jepang, sambung Wawan, pihaknya melakukan kerja sama dengan LPK Mulia Mandiri Abadi (MMA) yang memiliki Registered Support Organization (RSO) atau lembaga di Jepang yang bertanggung jawab membantu pekerja di Jepang.

“Lulusan kita dihubungkan oleh LPK MMA sebagai jaminan untuk bisa mengirim tenaga kerja. Sedangkan sekolah memastikan soft skill dan kompetensi sesuai dengan standardisasi perusahaan Jepang dari LPK MMA,”katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *