SMK Negeri 1 Tasikmalaya Asah Soft Skill dan Mental Kerja Siswa Lewat Permata

SMK Negeri 1
Siswa SMK saat mengikuti kegiatan Perkemahan Masa Tamu (Permata) di Lapangan Mako Brigif Raider 13/Galuh Rahayu terletak di Jalan Siliwangi Nomor 109 Kota Tasikmalaya.
0 Komentar

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Siswa kelas X SMK Negeri 1 Tasikmalaya mengikuti Perkemahan Masa Tamu (Permata) yang dilaksanakan di Lapangan Mako Brigif Raider 13/Galuh Rahayu di Jalan Siliwangi Nomor 109 Nyantong, Kahuripan, Tawang, Tasikmalaya, Sabtu-Minggu (2-3/9/2023).

Kegiatan Permata ini dilaksanakan dalam upaya memperkenalkan kegiatan Pramuka kepada peserta didik baru di setiap awal tahun pelajaran.

Kepala SMK Negeri 1 Tasikmalaya Dr Wawan SPd MM menjelaskan, Permata ditujukan bagi siswa kelas X yang baru masuk di tahun ajaran baru 2023/2024.

Baca Juga:BI Tasik Perkuat Halal Lifestyle Melalui RTF 2023, Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Syariah PriatimMahasiswa Uncip Tasikmalaya Bantu Kembangkan Potensi Desa Wisata

“Menjadi kegiatan yang wajib diikuti siswa baru di Permata atau kegiatan Kepramukaan ini yang dilaksanakan diĀ  Lapangan Markas Komando (Mako) Brigif Raider 13/Galuh Rahayu, selama tiga hari dua malam,” ungkap Wawan.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan Permata ini, diharapkan para peserta didik bisa mengembangkan karakternya supaya lebih maju dan lebih baik. Para peserta kegiatan diajak bersosialisasi dengan para sahabat barunya serta dengan kakak tingkatnya.

“Selama itu mereka dibina dan dibimbing supaya mampu mengembangkan bakat serta menyalurkan minatnya. Dengan itu, diharapkan pula mereka akan lebih mampu mengekspresikan semua mimpi dan ambisinya supaya dapat dibina dengan baik dan diarahkan secara positif,” paparnya.

Menurutnya, di satuan TNI AD Brigif ini ada Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika, maka SMKN 1 Tasikmalaya bekerjasama melaksanakan kegiatan Permata atau kepramukaan dengan TNI.

“Melalui kegiatan Permata dengan TNI ini, siswa kami butuh untuk peningkatan nilai-nilai dan pilar kebangsaan, dan pembentukan soft skill. Maka akan tertanam dalam diri anak yang bertanggung jawab terhadap nusa dan bangsanya,” jelas dia.

Dia menyebutkan, di kelas X SMK 1 Tasikmalaya ini, dikelompokkan menjadi beberapa bidang atau minat seperti di wirausaha, entrepreneur, pekerja langsung, perhotelan atau bekerja di dalam negeri dan luar negeri.

“Melalui Permata ini juga sambil mengarahkan kemana minat dan bakat yang diinginkan oleh siswa. Bisa jadi seorang entrepreneur atau pengusaha, bisa bekerja di dalam atau luar negeri,” ujar dia.

Baca Juga:Pramuka Gembira SMK Negeri Rajapolah Tasikmalaya Ajak Siswa Peduli LingkunganSMK Satya Bhakti Tasikmalaya Berprestasi di Seni Musik

Maka dari itu, tambah dia, SMKN 1 Tasikmalaya menyiapkan SDM dan memetakan setiap kebutuhan anak kedepannya sesuai minat dan kebutuhannya di dunia kerja agar bisa bersaing.

0 Komentar