SMK Muhammadiyah Kota Tasikmalaya Cetak Lulusan Islami, Unggul dan Berdaya Saing

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – SMK Muhammadiyah Kota Tasikmalaya berkomitmen untuk menghasilkan lulusan Islami, Unggul, dan Berdaya Saing. Itu sesuai dengan visi SMK Muhammadiyah Kota Tasikmalaya.

Hal itu disampaikan Kepala SMK Muhammadiyah Kota Tasikmalaya H Encep Maemun ST MPd kepada Radar saat Wisuda dan Pelepasan Lulusan Tahun Pelajaran 2022-2023 di sekolah, Kamis (18/5/2023).

Kata H Encep, sebanyak 349 siswa kelas XII SMK Muhammadiyah Kota Tasikmalaya di dilepas setelah lulus tahun pelajaran tahun 2022/2023. Itu untuk kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer dan Jaringan, serta Bisnis Daring dan Pemasaran.

Baca juga: SMK Muhammadiyah Sinergi dengan Disdukcapil

“Diharapkan 349 siswa bisa sesuai visi SMK Muhammadiyah Kota Tasikmalaya jadi lulusan Islami, unggul dan berdaya saing,” katanya kepada Radar, Kamis (18/5/2023).

Untuk mewujudkan itu, SMK Muhammadiyah Kota Tasikmalaya pun menguatkan spritual kepada siswa-siswanya.

“Karena SMK Muhammadiyah Kota Tasikmalaya yang basicnya merupakan religius,” ujarnya.

Kemudian, SMK Muhammadiyah Kota Tasikmalaya berkomitmen agar lulusan bisa bekerja, melanjutkan dan wirausaha. Misalnya lulusan siswanya siap bekerja, selain kompetensi yang disiapkan dan sekolah pun mempersiapkan kerja sama dengan dunia kerja ataupun industri, baik dalam negeri dan luar negeri.

“Buktinya sekarang lulusan 18 SMK Muhammadiyah Kota Tasikmalaya segera berangkat ke Jepang, setelah melaksanakan beberapa tahap persiapan. Rencananya berangkat akhir tahun 2023,” katanya.

Lebih lanjut, siswa SMK Muhammadiyah Kota Tasikmalaya harus memiliki daya saing. Mengingat untuk saat ini perlu mental agar mampu bersaing di pasar kerja.

Baca juga: SMKN 3 Tasikmalaya Cetak Lulusan Siap Bekerja

“Melewati tantangan saat ini tidak hanya cukup kompetensi saja, juga memiliki mental yang tinggi untuk mampu bersaing di pasar kerja,” ujarnya.

Dengan demikian, setelah mendapat spritual, kompetensi, dan pendidikan karakter para lulusan siswa SMK Muhammadiyah Kota Tasikmalaya berharap mampu mengamalkan ilmunya. Dengan begitu bisa bermanfaat untuk di lingkungan kerja, masyarakat, dan keluarganya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII Tasikmalaya Dedi Suryadin SPd MPd menyampaikan motivasi kepada siswa SMK Muhammadiyah Kota Tasikmalaya agar memiliki jiwa spritual, kompetensi, etika dan kolaborasi. Mengingat di Jawa Barat yang selalu menjadi pekerja rumahan adalah daya saing yang kurang, sehingga tenaga kerja industri kebanyakan dari luar Jawa Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *