SMK Manangga Pratama Tasikmalaya Gelar Gerakan Kebersihan Sekolah, Belajar Lebih Nyaman

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Untuk membiasakan siswa hidup bersih dan menjaga kebersihan lingkungan sekolah, SMK Manangga Pratama Kota Tasikmalaya menggelar kegiatan Gerakan Kebersihan Sekolah (GKS).

Kegiatan GKS ini mulai dilaksanakan di SMK Manangga Pratama di awal tahun atau semester ini. Tujuannya untuk membangun karakter dan jiwa kepedulian terhadap lingkungan sekolah dan menjaga kebersihan dan kesehatan.

Kepala SMK Manangga Pratama Tasikmalaya Ja’far Solihin SPd MPd menjelaskan, untuk program gerakan kebersihan sekolah atau GKS ini, dilaksanakan mulai di semester ini. “Jadi siswa bersih-bersih sekolah bersama setelah pulang sekolah sekitar jam 11.00 selesai proses pembelajaran, semua kelas dan lingkungan sekolah dibersihkan, oleh siswa,” terang Ja’far, kepada Radar.
Tujuan kegiatan GKS ini, selain membangun karakter dan kesadaran siswa terhadap kebersihan di lingkungan sekolah, juga menjaga kesehatan melalui hidup bersih.

Baca juga: SMK Manangga Pratama Tasikmalaya Dorong Siswa Agar Ketagihan Mengaji

“Sehingga pada saat belajar di kelas atau berada di lingkungan sekolah siswa bersama guru dan warga sekolah nyaman, dan terjaga kebersihannya. Melalui kegiatan ini, karakter kebersihan peduli lingkungan sekolah terbangun dan dimiliki oleh siswa,” ujar dia.

Dia menambahkan, dalam rangka mendukung program GKS ini, SMK Manangga Pratama ingin menjaga kebersihan, keindahan kelas dan lingkungan sekolah.
Termasuk membentuk karakter siswa yang memiliki jiwa yang peduli terhadap lingkungan dan kebersihan. Kegiatan ini harus dilakukan secara terus-menerus sebagai motivasi terhadap peserta didik untuk menjaga kebersihan dan kedisiplinan diri dan sekolah.

“Sehingga proses belajar di sekolah menjadi menyenangkan serta dapat mewujudkan Gerakan Kebersihan Sekolah yang menyenangkan di SMK Manangga Pratama,” terang dia.

Guru SMK Manangga Pratama Tasikmalaya Iwan Rahman SPdI menambahkan, melalui kegiatan GKS ini, diharapkan mampu meningkatkan rasa memiliki siswa terhadap sekolah.

“Dengan menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah sehingga proses belajar terasa lebih nyaman dan menyenangkan,” paparnya.
Dia menambahkan, melalui GKS ini siswa membudayakan lingkungan bersih dan sehat, bahkan menjadi pahlawan kebersihan. “Mari bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan sekolah, karena kebersihan adalah sebagian dari iman,” tambah dia. (Diki Setiawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *