SMAN 10 Tasikmalaya Jadi SMA Vokasi, Beri Bekal Life Skill

Kemudian ada kerja sama di bidang digital dengan Yumna Digital corps yang mengajarkan kepada siswa dalam berlatih bisnis digital seperti membuat template dan desain grafis.

Terakhir kerja sama dengan bisnis usaha kuliner Coba Cake yang mengajarkan kepada anak-anak untuk membuat kue yang nantinya bisa dipasarkan.

Selain kerja sama dengan swasta, juga dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Tasikmalaya, sudah dua tahun berjalan, dan tahun ini dilanjutkan.

“Kerja sama dengan BLK, ada manfaat bagi siswa yang mengikuti pelatihan bisa mendapatkan sertifikat. Ternyata oleh dunia dan lapangan pekerjaan sangat dihargai,” jelas dia.

Tindak lanjutnya, kata dia, selain pelatihan, BLK juga memberikan informasi lowongan pekerjaan bagi siswa, atau lulusan. Dan pelatihan lanjutan bagi siswa.

Dia berharap, melalui program vokasi di SMAN 10 ini bisa membedakan dengan sekolah lain, jadi mengarahkan siswa yang tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan bisa memberikan bekal kepada lulusan agar bisa bekerja sehingga tidak menjadi pengangguran.

“Kami punya program di SMAN 10 Tasikmalaya itu zero pengangguran jadi yang 40 persen melanjutkan ke perguruan tinggi sementara yang 60 persen yang tidak melanjutkan mempunyai keahlian melalui program Vokasi ini,” tambah dia.

Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Humas SMAN 10 Tasikmalaya Alna Herviana SPd menambahkan, untuk program vokasi SMAN 10 tahun ini akan melaksanakan MoU yang dilanjutkan dengan BLK Kabupaten Tasikmalaya.

“Karena dua tahun sebelumnya kita sudah melaksanakan kerja sama dengan BLK, kedua melanjutkan Yayasan Anak Bangsa Rumah Batik Tasikmalaya dan sudah berjalan dua tahun sebelumnya, dengan Coba Cake, dan dengan Yumna Digital Corps pelatihan desain grafis membuat template dan desain digital,” terang dia.

Hasilnya setelah dua tahun bagi siswa yang tidak melanjutkan sekolah, ini sangat membantu siswa untuk masuk ke dunia kerja, atau membuat usaha sendiri.

“Bahkan ada perusahaan garment yang memberikan kemudahan untuk siswa yang bekerja membutuhkan tenaga kerja yang berkarakter dan punya keahlian seperti siswa dari program Vokasi SMAN 10 Tasikmalaya,” tambah dia. (Diki Setiawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *