Siswa SDN 3 Sukamaju Raih 2 Piala Pencak Silat Tingkat Kota Tasikmalaya

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Dua siswi SDN 3 Sukamaju Tasikmalaya berhasil meraih prestasi dalam Kejuaraan Pencak Silat Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Cup VIII Kota Tasikmalaya antar sekolah dan antar perguruan silat se-Kota Tasikmalaya.

Siswa tersebut adalah Nazira Nurlatifah yang menjadi juara 2 tunggal putri usia dini 2 dan Knes Mahesa Zuraida menjadi juara 1 tanding kelas putri usia dini 2 dalam kejuaraan silat yang dilaksanakan di GOR Sukapura Dadaha Kota Tasikmalaya.

Kepala SDN 3 Sukamaju Padil Sarjono SPd mengatakan, kunci keberhasilan siswanya dalam meraih juara di kejuaraan silat tingkat Kota Tasikmalaya ini, selain tekun berlatih juga ada ekstrakurikuler pencak silat di SDN 3 Sukamaju.

“Ada guru pembimbing pencak silatnya, jadi siswa dilatih dan dibimbing dalam latihan silat. Siswa juga rajin berlatih dan mempunyai keinginan yang kuat untuk mendapatkan prestasi,” kata Padil, kepada Radar.

Baca juga: SDN Citapen Tasikmalaya Raih Perak di Kejuaraan Taekwondo Tingkat Jabar

Menurutnya, banyak siswa yang masuk ke ekstrakurikuler pencak silat. Siswa yang memiliki bakat dan minat ke ekstrakurikuler bela diri ini diarahkan dan dibimbing sehingga bisa mengikuti kejuaraan silat.

“Tujuannya selain mengarahkan dan mewadahi bakat dan minat siswa, juga siswa diberikan pengalaman bertanding, untuk hasil atau prestasi itu hasil setelah ikut serta dalam kejuaraan,” ujar dia.

Dia menambahkan, untuk siswa yang berprestasi ini, diberikan reward berupa alat tulis, untuk memberikan motivasi lebih agar bisa mempertahankan bahkan meningkatkan prestasinya.

“Harapannya, walaupun ekstrakurikuler pencak silat baru berjalan beberapa bulan tetapi sudah mencetak siswa berprestasi di tingkat kota dan Priangan Timur,” ungkap dia.

Dia berharap, prestasi yang diraih kedua siswanya ini, bisa menjadi motivasi bagi siswa yang lain untuk mencetak prestasi lainnya baik dibidang akademik maupun non akademik.

“Reward yang diberikan sekolah berupa alat tulis dan ucapan selamat yang diberikan dan disampaikan pada upacara bendera,” ujarnya, menambahkan.

Siswa SDN 3 Sukamaju Tasikmalaya berprestasi Nazira Nurlatifah menuturkan sangat senang dan gembira bisa menjadi juara kedua di ajang pencak silat se-Kota Tasikmalaya ini. “Iya Alhamdulillah mudah-mudahan ke depannya makin berprestasi,” tutur dia. (dik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *