Siswa Jurusan TKJ Adu Skill di LKS Tingkat Kota Tasikmalaya

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Teknik  Komputer dan Jaringan (TKJ) tingkat Kota Tasikmalaya dimulai Senin (10/4/2023). Kegiatan itu dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Kota Tasikmalaya.

Dalam pembukaan tersebut dihadiri  Wakil Ketua MKKS SMK Kota Tasikmalaya H Encep Maemun ST MPd, Ketua MGMP TKJ Kota Tasikmalaya dan Ketua Panitia LKS TKJ Kota Tasikmalaya Pebi Pebriadi SKom MM MT, dan Kasubag TU Cabang Dinas Pendidikan (Cadisdik) Wilayah XII Tasikmalaya Drs Yandi Drajat MPd.

Ketua Panitia LKS TKJ Kota Tasikmalaya Pebi Pebriadi SKom MM MT mengatakan, LKS TKJ tingkat Kota Tasikmalaya ini untuk kategori information network cabling (INC) dan cybersecurity. Dengan pesertanya dari SMK di Kota Tasikmalaya yang memiliki kompetensi keahlian TKJ.

Baca juga: LP3I Tasikmalaya Tingkatkan Kemampuan Komunikasi di Era 5.0

“LKS TKJ ini diikuti sembilan peserta dari siswa SMK yang memiliki kompetensi keahlian TKJ. Dengan kategori information network cabling (INC) dan cybersecurity,” katanya kepada Radar, Senin (10/4/2023).

Rinciannya, sambung ia, untuk kategori Information Network Cabling (INC) ada tiga SMK yang mengirimkan siswanya untuk mengikuti LKS TKJ tingkat Kota Tasikmalaya yakni SMKN 2 Tasikmalaya, SMKN 4 Tasikmalaya, SMK Al Ikhwan.

“Berarti ada tiga siswa yang mengikuti LKS TKJ kategori information network cabling,” ujarnya.

Sedangkan kategori cybersecurity dengan sistem tim, ada dua SMK yang mengirimkan siswa. Yakni SMK Muhammadiyah Kota Tasikmalaya dan SMKN 2 Tasikmalaya

“Setiap timnya ada dua siswa. Khususnya SMKN 2 Tasikmalaya mengirimkan dua tim dan SMK Muhammadiyah Kota Tasikmalaya mengirimkan satu tim,” katanya.

Untuk menghasilkan juara untuk mewakili ke tingkat Provinsi Jawa Barat yang memiliki kompetensi terbaik, pihaknya pun melibatkan juri yang berkompeten dari PT Dinar Wanaha Gemilang (DWG) dan Sekolah Tinggi Teknologi YBS Internasional (STT YBSI).

Baca juga: Wewenang Pengelolaan SMA/SMK Akan Dikembalikan ke Daerah

“Dengan penilaian kategori information network cabling (INC) mulai dari ketepatan waktu, kerapihan, uji fungsi dengan melihat koneksi internet dan cek sinyal,” ujarnya.

Selanjutnya untuk kategori cybersecurity dilihat keamanan jaringan. Artinya dapat membuat firewall, agar tidak terkena serangan virus atau hacker.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *