SDN Citapen Tasikmalaya Siap Gelar ANBK dengan Sarana Lengkap

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – SDN Citapen Tasikmalaya sudah selesai menggelar gladi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2023 untuk tingkat SD yang diikuti oleh puluhan siswa, Senin (23/10/2023).

Program ini dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemendikbud Ristek) untuk menilai secara keseluruhan baik dari sisi kognitif maupun non kognitif siswa.

Jadwal pelaksanaan ANBK 2023 setiap tingkat sekolah berbeda-beda. Saat ini sudah ada beberapa tingkat yang melaksanakan simulasi dan gladi bersih untuk mempersiapkan pelaksanaan ANBK.

Kepala SDN Citapen Hj Ene Rosidah SPd MPd mengatakan, tujuan ANBK adalah upaya penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar hingga menengah.

“Alhamdulillah kami sudah melaksanakan gladi ANBK, dan tinggal pelaksanaannya. Untuk kesiapan sarana prasarana penunjang seperti komputer, laptop, dan listrik, serta jaringan internet, Alhamdulillah sudah siap,” terang Ene, kepada Radar.

Menurutnya, program ANBK ini dilaksanakan oleh setiap tingkat sekolah secara online atau semi online. Jadi ANBK ini merupakan program evaluasi yang diselenggarakan Kemendikbud Ristek guna meningkatkan mutu pendidikan. “Dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh tingkat pendidikan,” jelas dia.

Baca juga: Hebat! SDN Citapen Juara Jaipong dan Bulu Tangkis

Dia menyebutkan, terdapat tiga instrumen penilaian dari ANBK yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Dengan mengukur literasi membaca dan Matematika atau numerasi murid.

Kemudian, lanjut dia, survei karakter, dengan mengukur nilai, sikap, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter siswa.

Selanjutnya, survei lingkungan belajar. Dengan mengukur kualitas aspek input serta proses belajar-mengajar di kelas atau pun tingkat satuan pendidikan. Dalam pelaksanaannya, AKM menjadi tolak ukur penilaian yang paling komprehensif untuk mengukur kemampuan minimal siswa.

Penilaian ini dilakukan dengan pengerjaan soal yang pastinya berbeda dengan soal ujian nasional, sehingga para siswa perlu melakukan mempersiapkannya sebaik mungkin. “Jadi secara umum, tujuan ANBK Kemdikbud adalah meningkatkan kemampuan literasi para siswa. Dengan program ini, kita dapat mengukur sejauh mana kemampuan literasi membaca setiap siswa,” ungkap dia.

Dengan ANBK ini bisa dijadikan bahan evaluasi untuk dapat meningkatkan kemampuan literasi masing-masing siswa. Hasil ANBK nantinya akan digunakan untuk memantau perkembangan mutu pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *