JATIWARAS, RADSIK – Rumah Zakat, melalui program kesehatannya ikut serta mendukung kegiatan Hari Buka Posyandu yang berlangsung di Posyandu Mawar Kampung Ciwalang Desa Jatiwaras Kecamatan Jatiwaras, Sabtu (5/11/2022).

Hari Buka Posyandu di Desa Jatiwaras berlangsung setiap tanggal 5 setiap bulan dan digelar di Posyandu Mawar Kampung Ciwalang, tanggal 8 di Posyandu Anggrek Kampung Cioray, tanggal 10 di Posyandu Kenanga Kampumg Cisarewu dan tanggal 13 di Posyandu Melati Kampung Sindangamis.

Relawan Rumah Zakat Asep mengatakan, sejauh ini Rumah Zakat selalu memberikan dukungan setiap ada kegiatan Posyandu. Hadir dengan program kesehatan “Desa Bebas Stunting”, Rumah Zakat menyalurkan donasi dari para agnia berupa Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dalam bentuk yang bervariasi. “Kami selalu berkonsultasi dengan ahli gizi di Puskesmas Jatiwaras. Makanan yang kaya akan protein, vitamin, mineral, lemak dan sebagainya diberikan secara teratur,” ujar Asep.

Dengan melibatkan kader Posyandu dan di bawah kordinasi bidan desa, kata Asep, pembuatan atau pengolahan PMT dilaksanakn di dapur gizi sebelum pelaksanaan Hari Buka Posyandu. “Pada saat H-2 Posyandu, kader dan relawan Rumah Zakat mempersiapkan PMT yang akan diberikan kepada sasaran,” kata dia, menjelaskan.

Asep bersyukur para ibu balita menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rumah Zakat yang selalu hadir memberikan PMT. Para kader dan Bidan Desa juga merasa terbantu karena dengan hadirnya Rumah Zakat dengan PMT-nya, tingkat kehadiran sasaran naik, di Posyandu Mawar misalnya dari yang semula hanya kehadiran 45 %, naik menjadi 85 % di luar bulan vitamin A hadir ke Posyandu.

“Dengan dukungan dari Rumah Zakat, berharap tidak hanya meningkatkan kehadiran Posyandu, tetapi juga bisa membantu menurunkan angka prevalensi stunting. Penurunan angka stunting ini merupakan program pemerintah yang harus jadi tanggung jawab semua pihak dan semoga tercapai,” kata Asep berharap.
Sebelumnya, Asep menerangkan Rumah Zakat membagikan makanan bergizi bagi balita yang terindikasi stunting. Relawan Rumah Zakat beserta kader Posyandu memberikan edukasi kepada peserta tentang pola asuh, pola makan dan sanitasi lingkungan.

Selesai mengedukasi, kata dia, relawan Rumah Zakat membagikan PMT hasil olahan ibu kader di Dapur Gizi Jatiwaras berupa makanan lengkap dan gizi seimbang bagi balita. “Harapannya, dengan pemberian makanan ini bisa menurunkan angka prevalensi stunting di Jatiwaras,” ujar dia, menambahkan.

Lanjut Asep, stunting merupakan masalah yang harus dihadapi bersama oleh berbagai bidang agar tercapai target zero stunting di masa depan. Salah satu upaya menurunkan prevalensi stunting adalah dengan intervensi spesifik. Di antaranya pemberian makanan bergizi bagi balita yang stunting. “Guna mendukung program ini, Rumah Zakat melalui dapur gizinya rutin memberikan Makanan bergizi lengkap bagi balita yang terindikasi stunting di Jatiwaras,” ujar Asep, menjelaskan.

Bidan Desa Jatiwaras Mbu Euis mengucapkan terima kasih dengan adanya program dari Rumah Zakat dapat membantu menekan dan menurunkan stunting di wilayah Kecamatan Jatiwaras khususnya Desa Jatiwaras. “Semoga ke depannya masih tetap bisa menjalin kerja sama yang baik, demi meningkatkan derajat kesehatan dan mencerdaskan anak bangsa. Agar stunting dapat dicegah sejak dini dan sampai pada zero stunting,” katanya.

Promotor Kesehatan Puskesmas Jatiwaras Yuni mengapresiasi Rumah Zakat dengan program desa bebas stunting-nya. “Saya mengharapkan agar Rumah Zakat bisa berbagi program yang sama di desa lainnya,” ujarnya.

Motekar Kecamatan Jatiwaras Nani mengaku kagum dengan program Rumah Zakat yang bisa menjalankan program seperti ini. “Saya ucapkan terima kasih kepada Rumah Zakat atas kolaborasi yang di laksanakan pada kegiatan Posyandu kali ini,” ucapnya.

Pegiat Posyandu Mawar Santi mengungkapkan dengan senang hati menjadikan rumahnya bagian dari dapur Gizi Rumah Zakat yang siap membantu menurunkan angka stunting di Jatiwaras. “Semoga kerja keras dan ikhlas para kader, berbuah manis dengan menurunnya angka stunting di desa ini,” ungkapnya. (obi)

%d blogger menyukai ini: