RSUD dr Soekardjo Terendam, Direktur: Bukan Pertama Kali

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID– Hujan deras sejak sore hari pada Sabtu (27/1/24) mengakibatkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soekardjo, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, terendam air setinggi betis orang dewasa.

Direktur RSUD dr Soekardjo, dr H Budi Tirmadi mengatakan kejadian tersebut bukan pertama kali terjadi.

“Kita lihat dari pantauan CCTV memang dikarenakan hujan yang sangat deras ya, curah hujan tinggi, debit airnya juga tinggi. Kita lihat dari mulai setengah 4 (sore) mulai naik dan sudah mulai terjadi genangan,” jelasnya kepada Radartasik.id di lokasi (27/1/24).

Lebih lanjut Budi mengatakan bahwa, lokasi genangan di area perawatan pasien yakni di ruang Aster dan Bougenvile memang paling rendah dari semua titik lokasi di RSUD dr Soekardjo.

Baca juga: Tukang Becak Tertimpa Pohon Tumbang di Jalan Dadaha

“Sekarang memang kondisi hujan akhirnya reda, sehingga memang ini titik yang paling rendah. Di sini memang di daerah Timur yang di mana sekarang kita berada sedang diupayakan dari BPBD akan disedot air untuk mengurangi debit airnya,” terangnya.

“Ada beberapa ruangan yang memang kondisinya lebih rendah dibandingkan dengan permukaan jalan, seperti beberapa ruang rawat inap, di Aster, Bougenvile, dan juga ruang rawat. Alhamdulillah kondisi saat ini karena hujan sudah mereda, kita juga tidak melakukan evakuasi. Insyaallah sebentar lagi juga kita bisa atasi ini,” lanjutnya.

Budi mengatakan bahwa kondisi tersebut berawal dari ketidaklaikan drainase di RSUD dr Soekardjo.

Ditambah dengan hujan deras dengan durasi cukup lama dan debit air yang tinggi, memperparah potensi genangan air terjadi.

Baca juga: Pohon Tumbang di Dadaha Saat Hujan Deras, BPBD Kota Tasikmalaya Terima 7 Laporan Bencana Alam

“Memang salah satu yang kita upayakan ya kita akan perbaiki saluran drainase. Itupun untuk meminimalisasi dan mempercepat air keluar ya, ketika kondisinya memang hujan deras dan debit airnya tinggi akan terjadi genangan,” ungkapnya.

Diterangkan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya, H. Ucu Anwar, dengan sigap menggunakan pompa untuk menyedot air yang tergenang di RSUD Dokter Soedardjo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *