RSUD dr Soekardjo Kota Tasikmalaya Banjir Lagi, Dikasi Anggaran Perbaikan Drainase Rp 1 M Malah Gagal Lelang

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – RSUD dr Soekardjo Kota Tasikmalaya kembali tergenang banjir. Penyebabnya tak jauh berbeda dengan sebelumnya yakni hujan deras lebih dari dua jam pada Selasa sore, 30 Januari 2024.

Banjir kembali menggenangi beberapa ruangan pasien seperti pada hari Sabtu, 27 Januari. Hal ini disebabkan kondisi drainase rumah sakit yang buruk.

Pasien dan keluarga yang menunggu pun terpaksa mengangkat kaki ke atas ranjang untuk menghindari genangan air.

Direktur RSUD dr Soekardjo, dr H Budi Tirmadi, mengakui sistem drainase rumah sakit sudah tak kuat menampung air dengan debit tinggi. Itu dikarenakan sejumlah masalah pada saluran air tersebut.

Baca juga: Dear Pj Wali Kota Tasik, Banjir Dimana-Mana, Padahal Tiap Tahun Drainase Diperbaki. Ada Solusi Tah?

Perhatikan! Ini Dampak yang Terjadi pada Sepeda Motor yang Nekat Terjang Banjir di Musim Hujan

Banjir ini juga bukan yang pertama kali. Setiap hujan deras turun dengan durasi lebih dari dua jam, rumah sakit akan tergenang.

“Memang salah satu yang kita upayakan ya kita akan perbaiki saluran drainase. Itupun untuk meminimalisasi dan mempercepat air keluar ya, ketika kondisinya memang hujan deras dan debit airnya tinggi akan terjadi genangan,” ujar Budi.

Menyikapi persoalan itu, Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya, Murjani, mengatakan pihaknya sebetulnya pernah menganggarkan Rp 1 miliar melalui Badan Anggaran pada tahun 2023 untuk perbaikan drainase. Namun anggaran itu tak terserap dan malah menjadi SILPA.

“Saya dan kawan-kawan di Banggar sudah ajukan di anggaran perubahan 2023, menganggarkan Rp 1 Miliar untuk drainase supaya tidak banjir lagi. Tetapi ternyata menjadi SILPA (Sisa Lebih Perhitungan Anggaran),” katanya.

Baca juga: Beberapa Wilayah Mulai Hujan, Waspadai Banjir dan Longsor

Drainase RSUD dr Soekardjo Kota Tasikmalaya Sudah Tak Layak

Lebih lanjut Murjani menjelaskan bahwa anggaran yang tidak terserap itu, disebabkan gagalnya proses lelang.

Ia pun mengaku akan meninjau ulang apakah pada tahun ini perbaikan drainase RSUD dr Soekardjo itu bisa kembali dianggarkan atau tidak.

“Untuk di 2024 saya akan lihat kembali, tetapi apapun itu tahun ini akan kita pastikan bisa dikerjakan,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *