PJ Wali Kota Tasikmalaya Dukung Pengangkatan Mama Kudang Jadi Pahlawan Nasional

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Dr Cheka Virgowansyah mendukung KH Muhammad Soedja’i atau lebih dikenal sebagai Mama Kudang jadi pahlawan nasional asal Kota Tasikmalaya.

Hal itu disampaikan oleh Plt Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat H Asep Dudi SAg MSi dalam Focus Group Discussion (FGD) tentang KH Muhammad Soedja’i (Mama Kudang) sebagai usulan gelar pahlawan nasional asal Kota Tasikmalaya, pada Rabu (6/12) di Aula Bale Kota Tasikmalaya.

“Selaku Pemerintah Kota Tasikmalaya, kami sangat mendukung usulan pengangkatan beliau sebagai pahlawan nasional. Kontribusi beliau tidak hanya memengaruhi masa lalu, tetapi juga memberikan inspirasi untuk kita terus berjuang demi kemajuan dan keadilan bagi semua,” tulisnya dalam pesan sambutan.

Cheka juga mengulas peran Mama Kudang sebagai tokoh yang berperan dalam kemerdekaan Indonesia, dan kesejahteraan umat di Kota Tasikmalaya.

Baca juga: Jelang Akhir Tahun, Pj Wali Kota Tasikmalaya Siapkan Program untuk Menarik Pelancong Tahun Baru

“KH Muhammad Soedjai (Mama Kudang) bukan hanya seorang tokoh dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, tetapi juga seorang pemikir dan pemimpin yang memiliki pengaruh besar dalam masyarakat,” paparnya.

Ulasan itu juga tertuang dalam buku karya Dr H A Zaki Mubarak MSi MPd berjudul “Mama Kudang: Sejarah, Pemikiran, Jaringan Ulama dan Keistimewaan Ulama Kharismatik Tasikmalaya”.

Dijelaskan bahwa Mama Kudang mengalami tiga periode perubahan sosial politik keagamaan di Indonesia yakni periode penjajahan Belanda, periode penjajahan Jepang dan periode kemerdekaan.

Dengan periode inilah Mama Kudang memiliki peran sentral dalam dakwah islamiyah melalui sentrum pesantren yang didirikannya.

Baca juga: Jelang Akhir Tahun, Pj Wali Kota Tasikmalaya Siapkan Program untuk Menarik Pelancong Tahun Baru

“Pengajuan KH. Muhammad Soedjai (Mama Kudang) sebagai pahlawan nasional akan menjadi langkah penting dalam menghargai perjuangan beliau dan juga sebagai pengingat bagi generasi sekarang dan yang akan datang tentang nilai-nilai yang harus dijunjung tinggi dalam membangun bangsa,” tutur Cheka. (Ayu Sabrina B)

baca berita dan artikrl lainnya di google news

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *