SINGAPARNA, RADSIK – Komisi I DPRD Kabupaten Tasikmalaya sudah membahas anggaran untuk pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahun depan. Bahkan, nominal yang muncul untuk pesta demokrasi tingkat desa ini sebesar Rp 1,5 milar.

Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Dzulfikri SE mengatakan, rapat membahas pilkades serentak tahun depan sudah beberapa kali dilaksanakan. Termasuk pembahasan anggaran pun sudah dilakukan. “Setiap desanya mendapatkan bantuan anggaran kurang lebih antara Rp 15 juta hingga Rp 20 juta. Sedangkan untuk waktu pelaksanaannya belum ada pembahasan, jadi bisa saja dilakukan pemilihan awal tahun ini. Walaupun nanti pelantikannya Desember 2023 ketika jabatan kepala desa habis,” ujarnya kepada Radar, kemarin.

Namun, kata dia, untuk pelaksanaan pilkades serentak tahun depan harus mendapatkan izin dari Kemendagri. Karena waktunya sudah memasuki tahapan Pemilu 2024. “Namun, pemerintah daerah sudah sepakat akan meminta izin bahwa ini mendesak harus dilaksanakan tahun depan, karena berkaitan pelayanan. Kalau menunggu selesai pemilu terlalu lama,” ucap dia, menjelaskan.

Baca selengkapnya, khusus pelanggan Epaper silakan klik, Login

Belum berlangganan Epaper? Silakan klik Daftar!

 

%d blogger menyukai ini: