Pergeseran Tanah, 4 Rumah di Banjarwangi Garut Terdampak, 1 Rusak

BANJARWANGI, RADARTASIK.ID – Curah hujan tinggi mengguyur Garut Selatan. Derasnya hujan menyebabkan terjadinya bencana pergeseran tanah di Kampung Jaringao Desa Telaga Sari Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut, Sabtu malam 27 Januari 2024.

Kapolsek Banjarwangi Iptu Amirudin Latif mengatakan, pergeseran tanah terjadi sekitar pukul 19.00. “Bencana alam pergeseran tanah terjadi sekitar pukul 19.00 WIB, diduga akibat hujan deras yang mengguyur Kecamatan Banjarwangi,” ucapnya.

Ia menerangkan, peristiwa tersebut sepanjang 100 meter, tanah belah sedalam 1 meter dan tanah turun sekitar 15 cm. Dari kejadian tersebut 1 rumah milik Ilham warga Kampung Jaringao mengalami kerusakan berat.

Baca Juga: Kereta Api di Stasiun Garut Bisa Jadi Pilihan ASN untuk Perjalanan Dinas

Tidak hanya itu rumah milik 3 warga lainnya mengalami dampak bencana alam tersebut. “Total 4 rumah yang terdampak dan penghuni keseluruhan 13 orang,” lanjutnya.

Tak Ada Korban dalam Pergeseran Tanah

Kapolsek mengungkapkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun masyarakat yang terdampak langsung dievakuasi. “Ini dievakuasi untuk sementara ke rumah sanak saudaranya terdekat,” katanya.

Iptu Amir mengimbau seluruh warga Kecamatan Banjarwangi selalu waspada, mengingat cuaca sedang mengalami musim penghujan yang berpotensi menimbulkan bencana alam.

Amirudin Latif juga telah berkoordinasi dengan Forkopimcam Banjarwangi dan dinas terkait tentang penanganan lanjutan kejadian tersebut. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *