Penuh Sampah, Sungai Citonjong Pangandaran Dibersihkan

Sungai Citonjong
TNI dan warga bersihkan Sungai Citonjong yang kotor penuh sampah.
0 Komentar

PANGANDARAN, RADARTASIK.ID – Anggota TNI dari Kodim 0625 Kabupaten Pangandaran bergotong royong bersama masyarakat membersihkan sampah di Sungai Citonjong Kecamatan Sidamulih.

Selain dari Kodim, Anggota dari Polres, BPBD, Tagana dan lain-lain, juga ikut bergotong royong membersihkan material sampah.

Dandim 0625 Pangandaran Letkol Indra Mardianto Subroto mengatakan, hampir semua sungai di Pangandaran bersih, terutama dari limbah rumah tangga. “Namun di Sungai Citonjong ini banyak sampah alami, terutama pohon bambu,” katanya kepada Wartawan Kamis (7/3/2024).

Baca Juga:Libur Lebaran Jadi Andalan Retribusi Sektor Wisata di PangandaranUnsil Lantik 1.067 Wisudawan Berkualitas, Rektor Berpesan Jangan Berhenti Menuntut Ilmu

Ia mengatakan bahwa Sungai Citonjong merupakan anak sungai dari Citumang. “Jadi sungai ini memang harus bersih, karena ini adalah anak Sungai Citumang yang terkenal itu,” ungkapnya.

Ia mengatakan bahwa sungai itu dipenuhi potongan bambu dan sampah, lalu banyak yang mengendap dengan lumpur. “Sehingga sulit dibersihkan oleh masyarakat sendirian, untuk itu kita dari TNI-Polri dan unsur pemerintah seperti BPBD, Tagana dan lain-lain, ikut membersihkannya,” tuturnya.

Ia mengatakan bahwa ratusan sampah alami itu kemudian diangkut menggunakan dump truk, untuk selanjutnya dibuang ke tempat pembuangan sampah.

Indra mengatakan bahwa Sungai Citonjong juga mengalami pendangkalan yang cukup parah. “Jadi,¬† jika hujan turun cukup deras, dan debitnya tinggi, maka kawasan sungai ini berpotensi banjir,” terangnya.

Menurut Kepala Desa Sukaresik Mumu Mulyana mengatakan, bahwa pihak Kodim juga sudah meminta bantuan alat berat untuk mengeruk Sungai Citonjong. “Tadi sudah dilakukan pengerukan, alatnya dari BBWS Citanduy,” ujarnya. (den)

0 Komentar