Pentingnya Kemampuan Navigasi bagi Penerbang dan Proses Penerbangan Helikopter di Lanud Wiriadinata

CIBEUREUM, RADARTASIK.ID – Kemampuan navigasi merupakan wawasan pokok yang harus dimiliki oleh setiap penerbang. Karena menerbangkan pesawat butuh pemetaan dan perhitungan spesifik.

Praktek navigasi menjadi tes terakhir bagi para siswa penerbang. Jika tidak mampu menguasai setelah beberapa kali tes, maka siswa terancam dikeluarkan.

Tiga Helikopter EC120B Colibri Mendarat di Lanud Wiriadinata pada Selasa siang (7/3/2023). Pesawat-pesawat itu di bawa oleh 5 siswa penerbang yang melaksanakan latihan NAVEX dari Sekbang A 102 Jurusan Rotary Wing Skadron 7 Lanud Suryadarma, Kalijati.

Baca juga: Kasus Pelemparan Batu di Indihiang, 9 Orang Jadi Tersangka

Instruktur penerbangan Mayor Pnb DJP Hutagalung menjelaskan menerbangkan pesawat tidak mudah. Secara fisik hanya memindahkan dari satu titik ke titik lain.

Namun prosesnya tidak sederhana karena butuh penghitungan jarak, kecepatan sampai jalur yang akan dilalui. “Jadi sebelum terbang memetakan perencanaannya dulu,” ungkapnya.

Setelah lepas landas siswa atau penerbang harus memahami titik koordinat posisi, ketinggian, kecepatan sampai arah laju pesawat. Supaya penerbangan bisa sesuai dengan apa yang sudah direncanakan.