PAGERAGEUNG, RADSIK – Pemerintah Desa Sukamaju Kecamatan Pagerageung merealisasikan Dana Desa (DD) Tahun 2022 untuk pembangunan jalan menuju kawasan pertanian. Hal itu dilakukan untuk menunjang semakin maju dan berkembangnya dunia pertanian di Desa Sukamaju, di mana mayoritas penduduknya adalah petani.

Kepala Desa Sukamaju Kecamatan Pagerageung Kunkun Iwa Kartiwa mengatakan, dalam realisasi DD tahun ini salah satunya fokus untuk ketahanan pangan, selain bantuan sosial dan lainnya.

“Makanya kami tahun ini membangun jalan di kawasan pertanian, sehingga bisa membantu para petani dalam mengangkut hasil panen,” ujar dia kepada Radar, Minggu (5/6/2022).

Kata dia, pembangunan jalan kawasan pertanian ini dialokasikan anggaran Rp 134 juta. Sedangkan untuk panjangnya mencapai 150 meter dengan lebar 1,2 meter.

“Ketebalannya 10 centimeter dengan pengerjaan menggunakan rabat beton. Sekarang pengerjaannya terus berproges dan akan segera selesai, sehingga bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat, khususnya para petani,” ucap dia.

Dengan pembangunan jalan ini, lanjut dia, manfaatnya jelas akan dirasakan masyrakat, khususnya para petani. Pasalnya, akses jalan pertanian ini berada di kawasan yang luas persawahannya mencapai 40 hektare.

“Pembangunannya sudah sesuai usulan masyarakat. Karena kawasan ini merupakan daerah yang terdapat banyak lahan pertanian di Desa Sukamaju. Mudah-mudahan jalan ini bisa benar-benar bermanfaat dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Lanjut dia, setelah pembangunan ini selesai diharapkan masyarakat bisa ikut menjaga jalan tersebut. Sehingga strukturnya bisa leboh awet, yang artinya bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lebih panjang. (yfi)

%d blogger menyukai ini: