Pangandaran Bentuk Saber Hoax, Upaya Pemkab Tangkal Informasi Hoaks Khususnya Soal Wisata

PANGANDARAN, RADSIK – Pemkab Pangandaran membentuk Tim Saber Hoax. Tim tersebut dibentuk untuk menangkal informasi hoaks di media sosial.

Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik dan Statistik Diskominfo Kabupaten Pangandaran Dudung Cahyadi mengatakan, Saber Hoax sudah tercetus sejak lama.

“Program ini terbentuk karena banyaknya berita yang tidak valid kebenarannya, seperti yang terjadi beberapa waktu lalu,” katanya, Jumat 1 Desember 2023.

Baca Juga: Satbrimob Polda Jabar Amankan Terduga Penebang Liar di Pangandaran

Kata dia, warganet bisa membuat dan menerima informasi apapun tanpa filter, sehingga rentan ikut menyebarkan hoaks. “Jadi kadang-kadang menelan informasi itu secara mentah, tidak dulu diklarifikasi, ini yang bahaya,” jelasnya.

Ia mengatakan, apalagi saat ini dunia internet selalu kebanjiran informasi dan mudah diakses. “Baik yang momentum, ataupun evergreen (tanpa terikat waktu),” ujarnya.

Untuk itu, kata dia, tim Saber Hoax dibentuk agar melindungi Kabupaten Pangandaran dari serangan informasi palsu.

Baca Juga: Unjuk Rasa Menolak Pemkab Pangandaran Pinjam ke Bank Rp 350 Miliar Sempat Ricuh, Saling Dorong Terjadi

“Kita bisa menerima informasi  yang dicurigai hoaks lewat  tanyahoax.pangandaran.go.id, lalu melakukan verifikasi, klarifikasi atau konfirmasi, setelah itu kita publikasi,” jelasnya.

Saber Hoax Akan Edukasi Masyarakat

Selain itu, tim tersebut juga ikut mengedukasi masyarakat agar paham apa itu informasi hoaks. “Bagaimana menelan informasi yang benar dan lakukan check and recheck,” katanya.

Kata dia, selama ini jenis hoaks yang sering menyerang terkait dengan wisata dan juga pemerintahan. “Kalau dulu terkait kesehatan, biasanya yang bentuknya evergreen,” tuturnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *