Nyaris Terbawa Longsor, 2 Rumah di Kabupaten Ciamis Ini Jebol Dinding Belakangnya

CIAMIS, RADARTASIK.ID – Dua rumah di Dusun Nanggela Kidul RT 09 RW 04 Desa Sumberjaya, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis jebol dan nyaris terbawa longsor.

Musibah itu terjadi saat hujan disertai angin menerjang Sabtu (27/01/2024) siang sekitar pukul 13.10.

Saat itu, Tembok Penahan Tebing (TPT) yang menjadi penyangga tanah di belakang rumah milik Tata (46) dan Sandi Nugraha (34) itu longsor. Akibatnya sebagian tanah yang menyangga pondasi juga ikut tergerus dan dinding rumah jebol

“Akibat hujan deras dan tanah yang labil, dua rumah terancam terbawa longsor. Sehingga menimbulkan kerusakan pada bagian pondasi dan dinding rumah bagian kamar dan tengah rumah,” ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ciamis, Memet Hikmat Raden, kepada Radar, Minggu (28/1/2024).

Baca juga: Begini Cerita di Balik Megah dan Mewahnya Kantor Desa Rancah Kabupaten Ciamis

Dari kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa. Namun, untuk mengantisipasi longsor susulan, pemilik rumah diungsikan ke tempat yang lebih aman.

“Beruntung semua penghuni rumah selamat, tidak sampai terluka. Sehingga takut ada longsoran susulan, kita sarankan kedua penghuni rumah mengungsi,” terangnya.

Akibat kejadian tersebut kerugian ditaksir mencapai pulihan juta. Untuk sementara kedua keluarga itu diberikan bantuan berupa sembako dan terpal untuk pengungsian.

“Sementara untuk mengurangi beban rumah diberikan bantuan yang diberikan mulai dari sembako dan terpal,” katanya.

Baca juga: Honorer Satpol PP Ciamis Tagih Janji Jadi PNS, Berharap Penuh Pemda Memaksimalkan Kuota pada Rekrutmen CPNS-PPPK Tahun 2024

Memet mengingatkan bahwa ke depan hujan akan lebih sering turun dengan intensitas sangat tinggi, mengingat sudah masuk musim basah.

Masyarakat yang rumahnya di atas tebing ataupun dekat sungai diminta meningkatkan kewaspadaan.

Terutama warga yang rumahnya sudah lapuk. Sebaiknya mencari tempat lebih aman ketika hujan turun.

“Kalau memang rumah di lokasi yang berbukit agar selalu waspada mengenai aliran air. Karena kalau ada air yang tergenang itu akan rawan terjadi resapan dan memicu longsor,” pungkasnya. (Fatkhur Rizqi).

Baca berita dan artikellainnya di google news

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *