TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Program Layanan Antar Keluarga Sampai ke Rumah (Layar Kusumah) dari Dinas Sosial Kota Tasikmalaya kini menjadi sorotan publik setelah terhambatnya kendaraan operasional.
Kendaraan yang biasanya digunakan untuk mengantarkan warga yang membutuhkan pelayanan sosial kini rusak dan terparkir dengan ban kempes di Kantor Dinas Sosial.
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial, Wawan Gunawan, menyatakan bahwa kondisi ini sudah terjadi sejak ia menjabat pada tahun 2023.
Baca Juga:Dear…Pj Wali Kota Tasikmalaya, Kemana Program Layar Kusumah? Publik Masih Butuh!Lembaga Survei Berperan Edukasi, Bukan Menggiring Industri Politik di Kota Tasikmalaya!
“Sudah kita usulkan lewat BPKAD. Sudah disampaikan kondisinya, kemampuan APBD terbatas. Insyaallah mungkin ke depan, pekan ini atau pekan depan akan ada satu unit ambulans untuk Layar Kusumah,” kata Wawan, Kamis 27 September 2024.
Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, Drs H Asep Goparulloh, membenarkan adanya kendala komunikasi terkait layanan ini.
Namun, ia menegaskan bahwa Pemerintah Kota Tasikmalaya tidak mengabaikan program yang dekat dengan masyarakat tersebut.
“Tidak seperti itu. Mungkin ada hal-hal yang belum terkomunikasikan. Karena informasinya kan kendaraannya perlu perbaikan, kita reschedule kembali,” ujarnya kepada Radar, Jumat 27 September 2024.
Asgop juga menegaskan bahwa para pimpinan Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama, khususnya kepala dinas, tidak boleh bekerja berdasarkan selera pribadi.
“Program sih ada inovasi-inovasi tersendiri, silakan. Tapi inovasi yang sudah berjalan baik harus dilaksanakan, agar berkelanjutan,” jelasnya.
Meski demikian, Asgop juga mendorong setiap kepala dinas untuk terus melakukan inovasi, namun tidak dengan mengabaikan program-program yang sebelumnya telah bermanfaat bagi masyarakat. (Ayu Sabrina)