Merusak Estetika, Genangan Air Menghantui Destinasi Wisata Pantai Barat Pangandaran

destinasi wisata pantai barat pangandaran
Genangan air kotor terlihat di kawasan Pantai Barat Pangandaran pada Jumat, 5 Juli 2024. (Istimewa/Radartasik.id)
0 Komentar

PANGANDARAN, RADARTASIK.ID – Genangan air pascahujan deras di destinasi wisata Pantai Barat Pangandaran kerap memicu keluhan dari masyarakat.

Genangan air ini sering terlihat di sekitar jembatan skywalk dan blok Nanjungsari, yang tentunya merusak estetika Pantai Barat Pangandaran. 

Salah satu warga, Heru Rudiana (30), mengungkapkan kekesalannya terhadap genangan air yang cukup besar di objek wisata tersebut. ”Kan banyak lewat kendaraan wisatawan, jelas mengganggu,” katanya kepada Radartasik.id, Minggu, 7 Juli 2024.

Baca Juga:Satuan Reskrim Polres Banjar Lakukan Patroli Cyber Judi Online, Kominfo Cek WiFi PemerintahBanjar Water Park Tak Kunjung Dibenahi, Pemkot Gandeng Kejaksaan NegeriĀ 

Heru menduga buruknya sistem drainase di blok tersebut menjadi penyebab utama. ”Sepertinya banyak sampah atau lainnya sehingga tak mampu menampung debit air,” ucapnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran Nana Sukarna mengakui adanya genangan air di kawasan objek wisata Pantai Pangandaran. 

”Kalau jalan di objek wisata Pantai Pangandaran itu kewenangannya Dinas PUPR (Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Red),” katanya.

Nana juga menyebutkan bahwa dirinya sudah berbicara dengan Dinas PUTRPRKP mengenai masalah ini. Dia juga berencana membuat forum terpadu yang melibatkan berbagai stakeholder terkait pariwisata.

Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan dan mempermudah koordinasi antarlintas sektoral. Dengan demikian, jika ada permasalahan terkait wisata, bisa cepat diatasi. (Deni Nurdiansah)

0 Komentar