Mahasiswa Kebidanan UBK PSDKU Tasikmalaya Ikuti PKL Komunitas, Dorong Peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Mahasiswa Program Studi Kebidanan Universitas Bhakti Kencana atau UBK PSDKU Tasikmalaya mengikuti Praktik Kerja Lapangan (PKL) komunitas di Dusun Bugelan Kelurahan Gunung Tandala Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya.

Ketua Prodi Kebidanan UBK Tasikmalaya Maria Ulfah Jamil SST MTr.Keb mengatakan, PKL Komunitas ini diikuti 14 mahasiswa Kebidanan semester 5. Dilaksanakan selama 3 minggu sejak 3 Januari 2024.

“Praktik Kebidanan Komunitas merupakan praktik kerja lapangan yang dirancang sebagai salah satu aplikasi dari mata kuliah Asuhan Kebidanan Komunitas dengan tujuan memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai bidan di komunitas,” ujar Maria.

Selama PKL, kata ia, mahasiswa mengikuti kegiatan masyarakat, mengaplikasikan ilmu yang didapat di perkuliahan.

Selain itu melakukan Survey Mawas Diri (SMD) yakni mahasiswa melakukan pendataan ke masing-masing kepala keluarga. Meliputi data pribadi, pola hidup bersih dan sehat (PHBS) serta masalah-masalah yang terjadi. Sasarannya adalah Kesehatan Ibu dan Anak (KIA).

Tujuannya menyiapkan mahasiswa untuk mengabdikan diri di lingkungan masyarakat. Selain itu memfasilitasi manajemen kesehatan di tingkat komunitas sehingga terwujud keluarga sehat sejahtera dalam komunitas. “Tujuan besarnya tentu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah tersebut,” terangnya.

Baca juga: UBK PSDKU Tasikmalaya Beri Beasiswa untuk Hafiz Qur’an

Maria menjelaskan, pelaksanaan PKL Komunitas ini tentu melibatkan peran serta masyarakat. “Kita kolaborasi dengan RW, kader, tokoh masyarakat, lurah, kepala puskesmas dan lain-lain,” ujarnya.

Selama PKL, mahasiswa juga ikut program puskesmas seperti posyandu, poli KIA dan lain-lain.

Sementara itu, UBK PSDKU Tasikmalaya saat ini membuka pendaftaran calon mahasiswa tahun akademik 2024/2025.

Ketua UBK PSDKU Tasikmalaya Ns Asep Mulyana SKep MM MKep PhD mengatakan, pihaknya membuka kesempatan bagi generasi muda untuk menjadi profesional di bidang medis dengan menjadi mahasiswa UBK Tasikmalaya.

Tersedia beasiswa hafiz Qur’an, ini merupakan apresiasi pihak kampus dan Yayasan Adhi Guna Kencana untuk generasi Qur’ani yang nantinya jadi penerus pemimpin bangsa yang saleh dan saleha.

Selain itu, ada juga beasiswa dari Kemendikbud/Dirjen Dikti bagi siswa berprestasi. “Khusus alumni SMK di bawah Yayasan Adhi Guna Kencana, misalnya lulusan SMK Bhakti Kencana, ada biaya paket dan keringanan uang bangunan,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *