Siap Mengabdi di Tengah-Tengah Masyarakat

PAGERAGEUNG, RADSIK – Madrasah Aliyah (MA) Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya menggelar Tasyakur Purna Siswa Tahun Ajaran 2021-2022. Sebanyak 137 siswa dan siswi dilepas dari berbagai jurusan dan siap melanjutkan pendidikan serta mengabdi di masyarakat.

Kepala MA Serba Bakti Suryalaya Riad Jamil SpdI MM mengatakan, lulusan tahun ajaran kali ini sudah banyak diterima di perguruan tinggi besar. Bahkan ada yang sudah lulus angkatan militer dan angkatan kepolisian. “Bahkan lulusan tahun kemarin ada yang mendapat beasiswa dari Institut Pertanian Bogor (IPB) di bidang nutrisi gizi hewan,” kata Riad kepada Radar, kemarin.

“Kami berpesan kepada para lulusan untuk menjadi siswa dan siswi yang bisa mengamalkan, melestarikan dan menerapkan ilmu di masyarakat. Karena semuanya sudah dibekali ilmu akademisi serta ilmu agama. Karena guru di sini, juga sekaligus ustaz di pesantren,” ujar dia, menjelaskan.

“Kelebihannya setiap siswa nanti bisa menerapkan mengajar ngaji, menjadi pemimpin doa di masyarakat dan menjadi imam di masyarakat. Jadi selain keagamaannya keilmuannya juga selalu diprioritaskan. Jadi unggul di akademik dan unggul non akademik yang berlandasan iman dan takwa,” kata dia, menambahkan.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga menerima siswa siswi yang membutuhkan perhatian khusus, misalnya menjadi korban penyalahgunaan narkotika. “Seperti lulusan tahun ini ada beberapa dari luar daerah yang kebutuhan khusus, tapi alhamdulullah semuanya sudah normal,” ucap dia.

Lanjut dia, MA Serba Bakti Suryalaya juga menerima siswa dan siswi baru tahun ajaran 2022/2023 dengan tiga jurusan, yaitu IPA, IPS dan Ilmu Keagamaan. Dengan kurikulum 100 persen umum dan agama. Dengan visi misi MA Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya, mencetak generasi sufi yang unggul dalam IPTEK dan IMTAK dengan kajian dasar-dasar tasawuf dan Ke-TQN-nan melalui upgrading LDTQN.

Kata dia, kenapa alasan harus memilih MA Serba Bakti Suryalaya, pertama dari sisi prestasi. Pernah menjadi juara 1 Nasional kompetisi Vlog madrasah tingkat nasional. Juara umum putra putri Pramuka Skala Jabar IAILM. Juara 1 Perkemahan Madrasah Aliyah se- Kabupaten Tasikmalaya, juara 1 pidato bahasa Inggris tingkat MA se-Kabupaten Tasikmalaya, juara favorit pencak silat se-Kabupaten Ciamis. Dan lainnya kejuaran tingkat lokal dan nasional.

Kemudian, lanjut dia, lulusan MA Serba Bakti Suryalaya mudah dan diterima oleh perguruan tinggi. Baik perguruan tinggi universitas negeri dan swasta. Termasuk menjadi abdi negara, menjadi TNI maupun POLRI melalui program khusus tahfidzul Qur’an.

Selanjutnya untuk siswa baru tahun 2022/2023 dibebaskan dari SPP selama sekolah di MA Serba Bakti Suryalaya. Kemudian, madrasah dan sekolah yang berada di lingkungan Pondok Pesantren Suryalaya.
Yang menggabungkan kurikulum umum dan kurikulum agama serta mengharuskan siswa dan siswi nya mengikuti program pengajian tradisional mengaji kitab kuning tanpa pungutan biaya apapun dan gratis. (yfi/dik)

%d blogger menyukai ini: