Kompak Kurangi Sampah Plastik, Siswa SMP IT Daarul Falaah Tasikmalaya Diwajibkan Bawa Botol Minum Masing-Masing

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – SMP IT Daarul Falaah Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya mewajibkan seluruh siswanya untuk membawa botol minuman serta kotak makan untuk mengurangi sampah plastik.

Kepala SMP IT Daarul Falaah Agus Warto SPdI mengatakan, hal tersebut merupakan kegiatan implementasi pola hidup baik menuju sekolah unggul SMP IT Daarul Falaah. “Selain mewajibkan membawa tumbler dan kotak makan, siswa juga wajib meminum air mineral 600 ml di sekolah dan wajib membuang sampah pada tempatnya,” ujarnya kepada Radar, Kamis (11/1/2024).

Agus menyebutkan, pada hari ini para siswa diberikan pemahaman tata cara mengambil air minum yang telah disediakan oleh pihak sekolah. Selain itu disampaikan untuk membuang sampah ke tempat yang sudah disiapkan.

Kemudian, kegiatannya diisi dengan simulasi penggunaan tumbler dan kotak makan, mengisi air dan membuang sampah pada tempatnya. Termasuk penyerahan tempat sampah kepada setiap kelas itu satu paket, setiap paketnya tiga tempat sampah dengan peruntukan sampah organik, sampah non organik dan  sampah botol.

Baca Juga: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya: Kebudayaan Hebat, Karakter Generasi Muda Kuat

“Saya harap dari implementasi pola hidup baik adalah tertanamnya budaya baik pada seluruh warga sekolah, sehingga menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman,” ucapnya.

Kata dia, seperti manfaat dari membawa tumbler dan kotak makan adalah mengurangi sampai yang ada di lingkungan sekolah. Kemudian, manfaat minum air mineral 600 ml saat di sekolah akan terpenuhinya asupan air pada tubuh sehingga tubuh menjadi sehat.

“Jadi kami ingin membangun budaya zero sampah, dengan cara tidak memproduksi sampah. Sebab, idealnya memang seperti itu,” kata dia. (*)

Baca Berita Radartasik.id Lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *