Kantor Lurah Cibunigeulis Kota Tasikmalaya Disegel, Ini Kata Kepala BKPSDM dan Pemerintahan, Warga Harus Bersabar Lagi Ya!

TASIKMALAYA, RADARTASIK.ID – Kantor Kelurahan Cibunigeulis, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya pada Selasa 6 Februari 2024 disegel warganya sendiri. Hal ini akibat dari lambatnya pengisian lurah definif di wilayah tersebut.

Lalu, bagaimana tanggapan dari Kepala BKPSDM Kota Tasikmalaya Gun Gun Pahlagunara?. Menurutnya, proses pengisian lurah di Cibunigeulis sudah berjalan sejak lama. Yakni ketika Pemkot menonaktifkan pejabat definitif lantaran tersandung hukuman disiplin.

“Dulu kan dinonaktifkan, sudah kita tempuh. Kalau proses pengisian kan ada mekanisme, kita tahu sendiri betapa panjang mekanisme sekarang. Memang kalau definitif bisa cepat melaksanakan pelantikan. Yang sebelumnya (lurah) pejabat definitifnya sudah dihukdis (hukuman disiplin), kemudian ada pelanggaran disiplin lagi, sekarang sedang diproses lagi,” papar Gungun menjelaskan.

Baca juga : 14 Februari 2024 Jadi Hari Kasih Suara, Target 90% Partisipasi di Kota Tasikmalaya dan Potensi Hujan di TPS

Sementara itu, Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Tasikmalaya Wawan Gunawan, menuturkan pengajuan untuk pengisian pejabat definitif di Cibunigeulis sudah diajukan sejak lama. Namun, lagi-lagi mekanisme pengajuan ke pemerintah pusat dalam menggeser pegawai menjadi kendala.

“Sudah ajukan dari lama. Karena memang tidak bisa satu-satu juga mungkin melantik itu. Jadi kemungkinan bersamaan dengan pengisian yang lainnya,” terka pria dengan sapaan akrab Wagun tersebut.

Justru, lanjut dia, hal yang saat ini krusial dan menjadi konsentrasi, tatkala para Petugas Pemungutan Suara (PPS) mengeluhkan lokasi representatif untuk bekerja di masa pencoblosan Pemilu 14 Februari mendatang.

Baca juga : 2 Rumah Terbakar Sekaligus di Kota Tasikmalaya, Penyebabnya?

“Fasilitas PPS yang memang sedang krusial, lantaran kebakaran kemarin jadi terbengkalai katanya. Makanya kita instruksikan camat, siapkan satu rumah agar kegiatan administrasi Panita Pemungutan Suara bisa representatif dan tidak terbengkalai lantaran sarpras kantor ruang pelayanan belum dibenahi pasca kebakaran,” bebernya.

Seperti diketahui, dampak lambatnya pengisian pejabat definitif Lurah Cibunigeulis Kecamatan Bungursari, memicu kegeraman warga. Selasa 6 Februari 2024, puluhan massa dari berbagai RW dan elemen kelurahan berbondong-bondong menyegel kantor kelurahan.

Aksi tersebut buntut dari leletnya eksekutif, lantaran sampai saat ini tak kunjung memiliki lurah definitif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *