SUMEDANG, RADSIK – Wali Kota Tasikmalaya H Muhammad Yusuf mengerahkan jajaran instansinya untuk memberikan dukungan terhadap kafilah yang tampil di MTQ ke-37 tingkat Jawa Barat.

Sebagai bentuk keberpihakan terhadap generasi qurani, selain dukungan untuk pembinaan dan pelatihan, wali kota menginstruksikan setiap kepala satuan kerja pemerintah daerah (SKPD) datang ke perlombaan.

”Saya ingatkan seluruh kepala perangkat daerah untuk mengunjungi para kafilah sesuai jadwal sebagai bentuk perhatian pemerintah sekaligus sebagai penyemangat mereka dalam bertanding,” ujarnya di sela menghadiri acara pawai ta’aruf di Alun-Alun Sumedang, Minggu (19/6/2022).

Menurur dia, MTQ merupakan ruang bagi daerah menunjukkan prestasi dalam hal pembinaan Al-Qur’an. Sekaligus ajang seleksi menjaring qari, hafiz, mufasir, khattah dan mualif terbaik. Di mana, nantinya akan dipersiapkan untuk mengikuti MTQ tingkat nasional sebagai kafilah utusan Jawa Barat.

”Insyaallah, mereka siap tampil prima di MTQ ke-37 ini, kita sudah cek semuanya, cek kesehatannya dan segala macamnya,” tutur Yusuf.

Selain itu, Yusuf mengatakan, kafilah Kota Tasikmalaya sudah mempersiapkan diri supaya bisa meraih prestasi lebih baik daripada yang kemarin. Pihaknya menarget rangking 1 di ajang tersebut atau bertahan di tiga besar.

”Mudah-mudahan tidak jauh berbeda dari Tahun 2020 di mana kita Juara 3.

Ya, target kita juara. Kalaupun tidak misalnya, ya kedua lah,” ujarnya.

Di bawah Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Tasikmalaya H Ivan Dicksan dan Ketua Kafilah H Abu Mansur (Asisten Administrasi Umum Setda), Yusuf mempercayakan kepada mereka, MTQ tahun ini bisa mendapat prestasi yang lebih baik. Sebagai kado terakhir selama dia menjabat di eksekutif.

”Nanti juga kalau terjadi, itung-itung kado buat saya nanti kalau sudah selesai masa jabatan. Mudah-mudahan yang terbaiklah bagi kita, baik juga bagi qari. Karena ini kalau sampai mendapatkan prestasi akan berlanjut ke tingkat nasional,” harapnya memaparkan.

MTQ Tingkat Jabar akan berlangsung selama satu pekan, mulai tanggal 18 hingga 25 Juni 2022. Ketua Kafilah Kota Tasikmalaya H Abu Mansur menjelaskan tim yang bertandang ke Sumedang sebanyak 145 personel. Terdiri dari peserta, pembina, official, tim kesehatan dan dokumentasi.

”Persiapannya sudah luar biasa optimal, kita harap para kafilah selama sepekan ke depan tampilkan yang terbaik dan terpilih menjadi salah satu bagian dalam menguatkan formasi Jawa Barat untuk level nasional,” ujar Abu. (igi)

%d blogger menyukai ini: